Kamis, 02 September 2021

 

Taksiran dalam bentuk soal cerita

 Hari/Tanggal        : Jumat, 3 September 2021

Kelas                    :  4 D

Bab                       : Pecahan

Subbab                 : menyelesaikan soal cerita tentang permasalahan terkait penaksiran dalam kehidupan sehari - sehari

alat peraga            : Video

Assalamu'alaikum. Wr.Wb

Selamat pagi.

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi  Absensi hari ini di group WA...!💪

Sebelumnya kita telah belajar tentang bagaimana menaksir operasi hitung pada bilangan. Hari ini kita akan belajar tentang menyelesaikan soal cerita tentang permasalahan terkait penaksiran dalam kehidupan sehari - sehari.

Tujuan pembelajaran :

Dengan menyimak peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita tentang permasalahan terkait penaksiran dalam kehidupan sehari - sehari dengan benar.

Menyelesaikan soal cerita tentang taksiran

Dalam kehidupan sehari - hari kita sering menemui permasalahan terkait taksiran. 

Perhatikan cerita berikut !

Jumlah penonton yang duduk di sisi kanan stadion yaitu 2.468 orang. Sementara jumlah penonton yang ada di sisi kiri stadion yaitu 8.632 orang. Sementara itu jumlah penonton yang belum masuk ke stadion yaitu 1.358 orang. Taksirlah jumlah keseluruhan penontton yang nantinya akan berada di dalam stadion ! (taksir dalam ribuan terdekat)

Penyelesaian:

Lakukan pembulatan ribuan:

2.468 menjadi 2.000

8.632 menjadi 9.000

1.358 menjadi 1.000

Barulah kita jumlahkan: 2000 + 9000 + 1000 = 12.000 orang

Bandingkan dengan jumlah sebenarnya: 2.468 + 8.632 + 1.358 = 12.458 (mendekati)

Dari cerita di atas dapat kita simpulkan untuk mempermudah perhitungan kita bisa menaksir bilangan dengan membulatkan bilangan ke satuan, puluhan, ratusan atau ribuan terdekat disesuaikan dengan membandingkan jumlah sebenarnya agar mendapat hasil terbaik.

Taksiran juga tidak hanya kita temui pada bilangan cacah, tapi juga dalam kegidupan sehari - hari kita sering menemui taksiran bilangan pecahan dan desimal.

Perhatikan contoh berikut ini!

Contoh 2

Ibu membeli 10,2 Kg beras yang akan digunakan 5 hari.

Taksirlah banyaknya minyak goreng ibu per harinya dalam satuan terdekat !

Penyelesaian:

Lakukan pembulatan ke satuan terdekat :

10,2 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi 10

Penggunaan minyak goreng selama 5 hari berarti dibagi 5

Jadi 10 : 5 = 2 kg

Contoh 3 

Ratna membeli beras dan tepung ke warung Bu Mira. Ratna membeli 8 1/6 kg beras dan 

tepung 5 3/4 kg. Taksirlah berat total beras dan tepung tersebut! 

Penyelesaian:

Lakukan pembulatan ke satuan terdekat :

8 1/6 menjadi 8, karena 1/6 < 1/2

5 3/4 menjadi 6, karena 3/4 > 1/2

Jadi taksiran berat total adalah 8 + 6 = 14

Agar lebih paham simak video penjelasan berikut !

Link video : https://youtu.be/hZ3r-OyOcyE


Latihan 

Kerjakan soal matematika halaman 27 nomor 3 dan 4 ! (Kerjakan di buku tulis )


Selamat mengerjakan. Insya Alloh minggu depqn kita ulangan

23 komentar:

  1. Assalamualaikum Bu
    Eto Anesta
    Kelas 4D
    Hadir

    BalasHapus
  2. Salsabila Farahani Herman
    Hadir Bu

    BalasHapus
  3. Rifat Fadhil Al-Azzam
    Hadir bu Lela 🙏🙏

    BalasHapus
  4. M. Gibran Wira Al Ra'id
    Hadir Bu guru

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wrwb
    Zahra Kalonica Aretha Antonny
    Hadir bu guru

    BalasHapus
  6. Ukasyah Assyathir kls 4D
    Hadir

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Assalammu'alaikum bu,

      ini kakaknya Fachry.
      minta tolong bu,tolong masukkan no 085337717533 ini ke grup kelas 4D dan grup tahfidz, dikarenakan hp ibu sedang rusak bu.

      Terimakasih,
      Wassalamu'alaikum wr.wb.

      Hapus
  8. Assalamualaikum
    Fatimah Zahira Alviansa
    Hadir bu🌸

    BalasHapus
  9. Assalammu'alaikum bu Lela,

    ini kakaknya Fachry.
    minta tolong bu,tolong masukkan no 085337717533 ini ke grup kelas 4D dan grup tahfidz, dikarenakan hp ibu sedang rusak bu.

    Terimakasih,
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  10. Assalammu'alaikum bu Lela,

    ini kakaknya Fachry.
    minta tolong bu,tolong masukkan no 085337717533 ini ke grup kelas 4D dan grup tahfidz, dikarenakan hp mama sedang rusak bu.

    Terimakasih,
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  11. Assalammu'alaikum bu Lela,

    ini kakaknya Fachry.
    minta tolong bu,tolong masukkan no 085337717533 ini ke grup kelas 4D dan grup tahfidz, dikarenakan hp mamah sedang rusak bu.

    Terimakasih,
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Alifa Ayu Rahmadhiya
    Hadir bu🙏

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum ibu
    Asfa arziki wiangga
    Kelas 4D
    Hadir ibu

    BalasHapus
  15. Alvin Hafidz Putra Pratama
    Kelas:4D
    Nomor Absen:2
    Hadir Bu Guru 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  16. M. Farrel Oldryska
    Kelas 4D
    No. Absen 16
    Hadir bu

    BalasHapus
  17. M Raihan Herlambang
    Kls 4D
    No absen 18
    Hadir bu

    BalasHapus

Materi Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan tema 4

  Perbaikan dan Pengayaan Tema 4 Kelas 4 SD   Assalamualaikum wr.wb Selasa 14 Desember 2021 Tabikpun.... Semangat pagi ananda shaleh shaleha...