Subtema : 1 (Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku )
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat Peraga : Tkes dan Vidio
Kompetensi Dasar : B.Indonesia : 3.3 dan dan 4.3, : IPA 3.8 dan 4.8 IPS: 3.1 dan 4.1 PPKN: 3.2 dan 4.2 dan SbdP : 3.4 dan 4.4
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaan yg baik uantuk wawancara.
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi masalah - masalah keseimbangan lingkungan.
3. Peserta didik mampu mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi,dataran rendah dan pantai. serta pemanfaatan sumber daya alamnya bagi masyarakat
4.Perserta didik mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat.
5. Peserta didik mampu membuat membuat kolase dari bahan alam.
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak
Bahasa Indonesia:
Sebelum Melakukan Wawancara
1. Buat janji dan minta kesediaan narasumber untuk diwawancarai.
2. Tunjukkan kesan yang baik, misalnya datang tepat waktu.
3. Berpakaian dengan sopan.
4. Berbicara dan bersikap santun.
5. Menyiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok permasalahan.
6. Pertanyaan yang baik mengandung unsur ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana).
7. Berlatih agar tidak selalu membaca pertanyaan yang telah disusun.
Ketika Sedang Melakukan Wawancara
1. Perkenalkan diri sebelum wawancara.
2. Sampaikan tujuan wawancara.
3. Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan.
4. Cairkan suasana dengan menanyakan tentang kegemaran tokoh. Jika suasana sudah cair, baru hubungkan dengan persoalan yang menjadi topik wawancara.
5. Sebutkan nama narasumber secara lengkap.
6. Bawa buku catatan, alat tulis, atau alat perekam saat melakukan wawancara.
7. Dengarkan pendapat dan informasi dari narasumber secara saksama.
8. Hindari memotong ucapan nara sumber agar keterangan tidak terputus.
9. Hindari minta pengulangan jawaban dari narasumber.
10. Hindari pertanyaan yang berbelit-belit.
11. Hormati petunjuk narasumber.
12. Hindari pertanyaan yang menyinggung dan menyudutkan narasumber.
13. Mampu mengambil kesimpulan dan tidak semua jawaban dicatat.
Setelah Melakukan Wawancara
1. Mohon diri.
2. Ucapkan terima kasih.
3. Sampaikan permohonan maaf jika selama wawancara ada hal yang kurang berkenan.
Simak vidio di bawah ini 👇👇
IPA :
Bagian bagian tumbuhan
Akar
Akar adalah bagian tumbuhan yang umumnya berada di dalam tanah. Untuk beberapa jenis tumbuhan, akar juga terdapat di atas tanah bahkan menggantung. Akar berfungsi antara lain sebagai bagian yang mengokohkan tumbuhan. Jika tumbuhan tidak memiliki akar, tumbuhan akan mudah dicabut, mudah roboh ketika diterpa angin, atau hanyut terbawa air ketika turun hujan.
Zat-zat mineral dan air yang dibutuhkan untuk membuat makanan diserap oleh akar dari dalam tanah. Namun, pada beberapa tumbuhan tertentu, akar tidak hanya berfungsi menyerap air dan mineral, tetapi juga berfungsi sebagai penyimpanan cadangan makanan, misalnya pada beberapa tumbuhan umbi-umbian.
Bunga
Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan biji.
Batang
Bagian tumbuhan yang berada di atas tanah adalah batang yang berfungsi sebagai tempat munculnya daun, bunga, dan buah. Batang juga berfungsi mengedarkan mineral dan air yang diserap akar, serta zat makanan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
Biji
Biji merupakan hasil dari pembuahan yang terjadi akibat penyerbukan antara serbuk sari dan sel telur pada putik. Jika biji ditanam akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Biji memiliki keping. Biji ada yang berkeping satu dan ada yang berkeping dua. Biji berkeping satu disebut monokotil dan biji berkeping dua disebut dikotil
Daun
Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis adalah daun. Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun terdiri atas tangkai daun dan helai daun.
Buah
Buah merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi melindungi biji serta cadangan makanan buat biji berkecambah. Contohnya buah mangga dan buah apel. Buah terdiri atas daging buah dan biji.
IPS :
Pantai
Pantai adalah daerah yang berbatasan langsung dengan laut, Pantai ada yang landai dan ada pula yang terjal. Pantai yang landai biasanya digunakan untuk objek wisata.
Dataran Tinggi
Dataran tinggi adalah permukaan bumi yang ketinggiannya 500 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya dimanfaatkan untuk peristirahatan, objek wisata, dan usaha perkebunan.
Dataran Rendah
Dataran rendah adalah permukaan bumi yang datar dengan ketinggian kurang dari 200 meter dari atas permukaan laut. Pada umumnya dataran rendah berada di sekitar pesisir pantai. Dataran rendah banyak digunakan untuk berbagai keperluan, di antaranya pertanian, peternakan, perumahan dan industri serta beberapa jenis kegiatan perkebunan seperti perkebunan kelapa dan tebu.
PPKN :
PADI
Padi umumnya tumbuh di daerah yang berhawa panas, banyak mengandung uap air, dan curah hujan yang cukup. Sinar matahari dan suhu sangat mempengaruhi tanaman padi. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah 23°C.
Tinggi tempat yang cocok untuk tanaman padi berkisar antara 0-1.500m di atas permukaan laut.
Tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman padi adalah tanah berlumpur yang subur dengan ketebalan 18-22cm. Diperlukan pengairan yang cukup agar padi dapat tumbuh dengan baik.
TEH
Teh umumnya tumbuh di daerah pegunungan. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman teh
adalah berkisar 13°C – 15°C dengan curah hujan tahunan tidak kurang dari 2.000 mm
.
Sinar matahari dan suhu udara sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman teh. Bila suhu mencapai 30°C, maka akan memperlambat pertumbuhan tanaman teh. Tanah yang cocok untuk tanaman teh
adalah tanah yang subur dan banyak mengandung bahan organik dan biasanya terletak di lereng-lereng gunung atau perbukitan.
Tumbuhan di atas memiliki banyak manfaat dan dapat dijadikan bahan makanan dan penghasil oksigen .kita disini memiliki hak dan kewajiban memanfaatkan tumbuhan dengan bijak.
SBDP:
Kolase
Kolase merupakan karya seni tempel pada permukaan gambar.
Buatlah kolase dari tumbuhan yang ada di sekitarmu.
Bahan: daun-daun, batang tumbuhan, dan lem.
Alat: gunting
Langkah-langkah:
1.Siapkah bahan
2.Buatlah sketsa gambar yang kamu sukai (atau kamu bisa minta sketsa gambar kupu- kupu kepada gurumu).
3.Aturlah daun-daun atau batang tumbuhan menutupi sketsa gambarmu.
4.Perhatikan ukuran, perpaduan warna, dan bentuknya.
Ayo Berlatih !
Contoh gambar kolase :
1. Tugasmu buatlah karya kolase sederhana dari bahan alam dibuku gambar mu dangan waktu pengerjaan nya selama 2 hari terhitung dari tanggal 7 dan 8 September 2021.
Zahra Kalonica Aretha Antonny hadir ya
BalasHapusBu guru terima kasih
Eto Anesta
BalasHapusHadir
Alifa Ayu Rahmadhiya
BalasHapusHadir bu🙏
Rifat Fadhil Al-Azzam
BalasHapusHadir bu Lela🙏🙏
Assalamualaikum ibu
BalasHapusAsfa arziki wiangga
Kelas 4D
Hadir ibu
Lulu Humairah
BalasHapusHadir Bu guru 🙏
Salsabila Farahani Herman
BalasHapusKelas 4D
Hadir bu
Assalamualaikum bu
BalasHapusFatimah Zahira Alviansa
No absen 11 hadir
Damara Qiano Bulfiah hadir bu
BalasHapusRachel moza anindya
BalasHapusHadir bu
Assalamualaikum Nabil arrafif hadir bu
BalasHapusUkasyah Assyathir kls 4D
BalasHapusHadir
M. Farrel Oldryska
BalasHapusKelas 4D
No. Absen 16
Hadir bu