Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi Alternatif
Pembelajaran : 5 Dan 6
Kelas : 4 D
Hari/Tanggal : Kamis, 2 September 2021
Tujuan Pembelajaran :
1. Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
2. Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu.
3. Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah anak-anak kemarin kalian sudah belajar tentang kalimat petunjuk dan membuat poster tentang menghemat energi , sekarang kita lanjukan materinya, namun sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
IPS
Indikator :
3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi.
4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untukKesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
Mata
Pelajaran : SBDP
Indikator :
3.3.2 Mengidentifikasi tinggi rendah
nada dari teks lagu.
4.3.2 Menanam Jagung Menyanyikan
notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan
tinggi rendah nada.
Arti tanda tempo dan macam - macam tanda
tempo adalah ?
=> Tanda tempo adalah tanda yang
digunakan dan berfungsi untuk menunjukkan cepat/lambatnya lagu yang
dinyanyikan.
=> Macam Tanda Tempo :
1. Allegro : Cepat
2. Allegratto : Agak Cepat
3. Presto : Cepat Sekali
4. Moderato : Sedang Agak Cepat
5. Vivace : Lebih Cepat
6. Adagio : Lambat
7. Largo : Lambat Sekali
8. Andante : Sedang
9. Lento : Lebih Lambat
10. Grave : Sangat Lambat
B. Indonesia
Indikator :
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
visual.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
visual.
Protein yang terkandung di dalam tempe ternyata
lebih tinggi dibanding tahu.Menurut
penelitian, tempe mengandung ladar protein sebesar 15,4 gram, sedangkan tahu
hanya 10 gram saja. Hal itu disebabkan karena proses pembuatan tempe lebih
sedikit dibanding dengan tahu. Proses pembuatan tempe hanya dilakukan dengan
cara mencampurkan biji kedelai dengan ragi lalu disimpan selama beberapa hari.
Sementara itu, proses pembuatan tahu terbilang panjang karena kacang kedelai
harus direbus terlebih dahulu, lalu kemudian digiling dan diambil saripatinya.
Saripati tersebut lalu dicampur biang dan disimpan selama beberapa hari. Itu sebabnya,
kadar protein dalam tahu menjadi lebih kecil dibanding dengan tempe.
Kalimat yang dicetak miring: kalimat utama. Kalimat yang
tidak dicetak miring: kalimat penjelas. Kata
kunci: protein, tahu, dalam, tempe, lebih, dan dibanding.
PPKN
Indikator:
Contoh hak dalam kehidupan sehari-hari
:
1. Lingkungan sekolah
Hak
a. berhak mendapatkan pendidikan yang
layak.
b. menggunakan fasilitas sekolah
dengan baik dan benar.
c. mendapatkan perlindungan dan
keadilan dari pihak sekolah.
d. mendapatkan apresiasi dari sekolah
jika berprestasi.
Kewajiban
a. membayar uang sekolah dan uang administrasi.
b. merawat fasilitas sekolah.
c. menjaga kedamaian dan ketentraman
sekolah.
Lingkungan masyarakat.
Hak
a. mendapatkan perlindungan dan
perdamaian.
b. menggunakan fasilitas umum dengan
baik.
Kewajiban
a. Menaati peraturan yang berlaku.
b. Menjaga ketentraman dan kedamaian
di lingkungan masyarakat.
Lingkungan keluarga
Hak
a. mendapatkan perlakuan secara adil
dan memenuhi kebutuhan dari orang tua bagi anak.
Kewajiban
a. menghormati yang lebih tua dan
menyayangi adik.
b. membantu orang tua.
Lingkungan negara
Hak
a. Berhak mendapatkan perlakuan yang
adil dan sama.
b. Mendapatkan jaminan kesejahteraan,
perlindungan dan ketentraman dari negara.
c. Mendapatkan kebebasan menjalankan
dan menentukan nasibnya sendiri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Kewajiban
a. Membayar pajak
b. Menjaga ketentraman negara.
c. Berkontribusi dalam membela negara.
Penjelasan lebih lanjut :
Hak merupakan suatu yang wajib
didapatkan dari setiap individu yang menjalankan kewajibannya.
Latihan soal :
1. Sebutkan Kewajiban apa yang sudah kamu lakukan terhadap lingkungan !
2. Sebutkan hak yang kamu peroleh setelah merawat lingkungan !
jawaban nya menggunakan voice note ya anak2, bu guru tunggu sampai pukul 13.00, Selamat mengerjakan :)
Assalamualaikum..
BalasHapusZahra Kalonica Aretha .A.
Hadir bu guru
Rachel moza anindya
BalasHapusHadir bu
Assalamualaikum
BalasHapusEto Anesta
Hadir
Eto Anesta
BalasHapusHadir
Lulu Humairah
BalasHapusHadir Bu guru 🙏
M. Gibran Wira Al Ra'id
BalasHapusHadir Bu guru
Fachry Aditya Putra
BalasHapusHadir
Rifat Fadhil Al-Azzam
BalasHapusHadir bu Lela🙏🙏
Assalamu'alaikum wr wb
BalasHapusFatimah Zahira Alviansa
Hadir bu🌺
Damara Qiano Bulfiah hadir bu
BalasHapusAssalamualaikum Ibu
BalasHapusAsfa Arziki Wiangga
Kelas 4D
Hadir ibu
Alvin Hafidz Putra Pratama
BalasHapusKelas:4D
Nomor Absen:2
Hadir Bu Guru 🙏🙏🙏
Ukasyah Assyathir kls 4D
BalasHapusHadir
Alifa Ayu Rahmadhiya
BalasHapusKelas:4D hadir bu🙏
Bari khairul azam
BalasHapusKls 4d hadir bu
Assalamualaikum Bu
BalasHapusM Raihan Herlambang
Kls 4D
Hadir
M. Farrel Oldryska
BalasHapusKelas 4D
No. Absen 16
Hadir bu
Makasih syg atas absen & komentarnya 💪😘
BalasHapusMakasih syg atas absen & komentarnya💪😘
BalasHapusAssalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
BalasHapusini kakaknya Fachry,
Saya Minta tolong masukkan no ( 085337717533 ) ini ke dalam grup kelas 4D dan Tahfidz bu 🙏🏻
Karena saat ini hp mama sedang rusak 🙏🏻
Terimakasih,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh