Hari/Tanggal : Selasa, 28 September 2021
Tema : 4 (Jenis-Jenis Pekerjaan )
Subtema : 1 (Berbagai Pekerjaan)
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat Peraga : Gambar dan Vidio
Kompetensi Dasar : IPA: 3.8 dan 4.8 IPS 3.3 dan 4.3 BI:3.5 dan 4.5 SBDP:3.1 dan 4.1
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengamati Pentingnya Keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam
2. Peserta didik mampu mengamati gambar tentang jenis- jenis pekerjaan sesuain tempat tinggal masyarakat.
3. Peserta didik mampu menilai tokoh yang ada dalam sebuah cerita.
4. Peserta didik mampu mengidentifikasi hal hal yang diperhatikan saat menggambar dengan terperinci.
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak IPA:
Pentingnya Keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam
ananda dapat memutar vidio di bawah ini! 👇
IPS :
Jenis Pekerjaan Sesuai Tempat Tinggal Masyarakat
Terdapat berbagai macam tempat tinggal masyarakat idonesia misal nya :
1,Dataran tinggi
Jenis pekerjaan di dataran tinggi : peternak,pedagang,dan pekebun tanaman perkebunan
2.Dataran Rendah
Jenis Pekerjaan di dataran rendah :Petani dan ada sebagian peternak dan pedagang
3.Pantai
jenis Pekerjaan di Pantai : Nelayan,Pemandu wisata
BAHASA INDONESIA
Mengulas tentang buku sastra
Buku sastra biasanya berisi satu atau beberapa cerita.
beberapa hal yang dapat ditulis dari sebuah buku sastra diantaranya;
1.Data buku ( judul,penulis,penerbit,jumlah halaman dan tahun buku diterbitkan)
2.Inti cerita yang terdapat di dalam buku
3.Manfaat buku tersebut,serta
4.Kelebihan dan kekurangan dari buku.
1. Penyampain informasi berdasarkan bacaan dapat ditulis dalam beberapa bentuk seperti diagram venn, diagram kolom, dan diagram frayer.
2. Membuat diagram venn
3. Membuat diagram venn tentang nelayan tradisonal dan nelayan modern
4. Menceritakan proses pembuatan pensil berdasarkan bacaan dalam diagram kolom
Bacalah teks dengan membaca senyap!
Pensil awalnya adalah sebuah alat tulis dan lukis yang terbuat dari grafit murni atau karbon yang berasal dari alam. Sayangnya, grafit murni cenderung rapuh dan mudah patah. Seiring perkembangan zaman, saat ini dibuat pensil yang merupakan campuran dari grafit dan tanah liat. Proses pencampuran ini dibalut oleh media kertas atau kayu. Cara membuat pensil saat ini adalah dengan menghancurkan grafit dan tanah liat menjadi bentuk bubuk, kemudian dibakar selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu, pensil ini dibentuk panjang dan tipis serta dibungkus kayu. Kayu yang telah ditebang untuk pembuatan pensil berasal dari pohon. Agar terjaga kelestariannya, pohon yang ditebang harus diganti dengan menanam kembali bibit baru dari tanaman sejenis. Selain itu, kita harus menghemat penggunaan pensil sebagai salah satu cara menghargai lingkungan.
Sebelum menulis dalam bentuk kolom carilah kata-kata kunci pada bacaan di atas, kemudian tulislah dalam bentuk kolom seperti di bawah ini!
5. Diagram frayer adalah diagram yang mempermudah penyampaian informasi.
6. Membuat diagram frayer berdasarkan untuk menentukan sikap baik dilingkungan sekitar!:
7. Kejadian atau peristiwa disebut alur. Kejadian tersebut merupakan rangkaian jalan cerita.
8. Unsur penting dalam sebuah alur adalah peristiwa, konflik, dan klimaks. Unsur tersebut akan membuat cerita rekaan menjadi padu.
9. Unsur cerita meliputi intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik terdiri atas tokoh, latar, konflik, alur, dan amanat. Unsur ekstrinsik terdiri atas bahasa dan gaya bahasa.
10. Unsur intrinsik yaitu :
a. Tokoh adalah pelaku dalam cerita yang mengalami peristiwa. Tokoh dibedakan menjadi tokoh utama dan sampingan.
b. Penokohan adalah pelaku dan watak atau sifat tokoh dalam cerita. Watak dibagi menjadi dua yaitu anatagonis dan protagonis.
c. Latar adalah tempat terjadinya peristiwa dalam cerita.
d. Konflik adalah masalah yang ada dalam cerita.
e. Alur adalah jalinan peristiwa dalam cerita.
f. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca.
11. Pendongeng adalah orang yang menyampaikan dongeng kepada orang lain
12. Unsur dongeng dapat ditulis dalam peta pikiran seperti contoh di bawah ini!
SBDP:
1. Menggambar bentuk adalah kegiatan merekam bentuk diatas bidang datar (dua dimensi) melalui media secara tepat.
2. Objek gambar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu bentuk geometris dan non geometris.
3. Bentuk geometris adalah objek yang mempunyai bentuk beraturan, misalnya lemari, kursi, meja, dan bangunan rumah.
4. Bentuk nongeometris adalah objek bentuk yang tidak beraturan, misalnya bongkahan batu, api, dan sayur-sayuran.
5. Prinsip dalam seni rupa.
a. Prespektif. Prespektif merupakan prinsip penting dalam membentuk gambar. Gambar dengan hukum prespektif berarti gambar yang dekat kelihatan besar atau sebaliknya.
b. Proporsi, yang dimaksud dengan prinsip proposi dalam menggambar bentuk adalah kesebandingan, keseimbangan, atau kesesuaian bentuk dalam ukuran suatu benda antara bagian yang lsatu dengan yang lain
c. Komposisi, komposisi dalam menggambar bentuk dapat diartikan susunan atau letak objek benda.
d. Gelap terang, benda akan terlihat jika terkena cahaya. Benda yang tidak terkena cahaya tampak terang. Sebaliknya, bagian benda yang tidak terkena cahaya tampak gelap.
e. Bayang-bayang, dalam menggambar bentuk peranan bayang-bayang sangat menentukan untuk terciptanya kesan tiga dimensi.
6. Menggambar model merupakan kegiatan menggambar yang diawali dengan menentukan objek yang akan digambar. Objek gambar dapat berupa manusia atau tumbuh-tumbuhan.
7. Hal yang perlu diperhatikan dalam menggambar :
a. Menggambar sesuai dengan daya cipta masing-masing (ide orisinal).
b. Menggambar sesuai dengan tema yang disajikan.
c. Menggambar bentuk dengan kreatif.
d. Mewarnai gambar dengan memperhatikan komposisi warna dan kerapian.
e. Cara menggunakan alat dan bahan dengan sesuai.
8. Dalam membuat narasi berdasarkan gambar, perlu dicermati maksud dari gambar, agar narasi yang dibuat sesuai dengan maksud gambar, sehingga penikmat gambar dapat memahami maksud dari gambar.
Tugasmu !
Kerjakn Cerdas halaman 73 Tema 4 subtema 1 IPS dan Bahasa Indonesia .
setelah dikerjakan foto dokumentasi sesuai mata pelajaran nya ya syg...!🙏💪💖
Wassalamualaikum wr.wb
Zahra Kalonica Aretha Antonny hadir
BalasHapusbuguru
Fachry Aditya Putra
BalasHapusHadir
Lulu Humairah
BalasHapusHadir Bu guru 🙏
M. Gibran Wira Al Ra'id
BalasHapus4d hadir Bu guru🙏
Rachel moza anindya
BalasHapusHadir bu
Salsabila Farahani Herman
BalasHapusHadir bu
Damara Qiano Bulfiah hadir bu
BalasHapusBari khairul azam
BalasHapusKls 4d
Hadir bu
Nama:Alvin Hafidz Putra Pratama
BalasHapusKelas:4D
Nomor Absen:2
Hadir Bu Guru 🙏🙏🙏
Assalamualaikum Ibu
BalasHapusAsfa Arziki Wiangga
Kelas 4D
Hadir Ibu
Alifa Ayu Rahmadhiya
BalasHapusKelas:4D
Hadir bu
Assalamualaikum Bu
BalasHapusM Raihan Herlambang
Kls 4D
Harid Bu
Fatimah Zahira Alviansa
BalasHapusNo absen 11 hadir bu