Rabu, 15 Septembar 2021
Hari/Tanggal : Rabu, 15 September 2021
Tema : 3 ( Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah )
Subtema : 2 ( Keberagaman Mahluk Hidup di Lingkunganku )
Pembelajaran : 3 dan 4
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar : IPA: 3.1 dan 4.3 BI:3.3 dan 4.3 PPKN3.2 dan 4.3
Tujuan Pembelajaran :
1.Peserta didik mampu mengidentifikasi bagian-bagian hewan dan fungsinya dengan benar
2. Pesetra didik mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kalimat efektif untuk persiapan waawncara berdasarkan gambar.
3.Peserta didik mampu menjelaskan damapak dari melaksanakan hak dan kewajiban secara bijak terhadap hewan dengan benar.
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak
Rumah Edo banyak ditumbuhi beraneka ragam pohon. Banyak serangga dan burung yang berdatangan. Hari ini Edo menuju halaman untuk mengamati burung. Suatu hari, ketika Edo sedang asyik melihat burung-burung tersebut, tiba-tiba Edo dikagetkan oleh suara seekor burung yang terjatuh tidak jauh dari pohon. Edo menghampirinya. Ternyata burung itu adalah burung merpati yang mengalami luka pada sayapnya. Edo menduga burung merpati itu terkena tembakan pemburu. Edo merawatnya dengan kasih sayang. Sambil merawat, Edo mengamati bagian-bagian tubuh burung yang terluka.
1. | Paruh | Paruh, paruh burung berfungsi untuk mengambil makanan. Paruh burung sesuai dengan jenis makanannya. |
2 | Sayap | Sayap, sayap burung berfungsi untuk bergerak (terbang). Burung terbang dengan cara mengepakkan sayapnya. |
3 | Ekor | Ekor, ekor burung berfungsi menjaga keseimbangan burung saat terbang. |
4 | Cakar/Kaki | Cakar, cakar burung berfungsi untuk mencengkeram mangsanya (burung elang) dan untuk bertengger di dahan pohoh (burung pipit). |
5 | Mata | Mata, mata burung berfungsi untuk melihat benda-benda di sekitarnya. |
Amatilah hewan laba-laba dan serangga. Jika sulit menemukannya, kamu dapat menggunakan gambar atau video. Temukan perbedaan antara laba-laba dan kumbang pada gambar di bawah ini!
Bagian Tubuh | Laba-laba | Serangga (Kumbang) |
---|---|---|
Banyak Kaki | 8 | 6 |
Banyak Sayap | Tidak ada | Ada |
Banyak Mata | 2 | 2 |
Ciri-ciri lain |
|
|
Kamu sudah mengetahui bahwa kupu-kupu perlu dilestarikan agar tercipta keseimbangan, begitu pula dengan serangga seperti laba-laba dan kumbang. Tuhan menciptakan sumber daya alam tentunya mempunyai maksud dan tujuan tertentu.
Perburuan hewan liar akan membawa dampak yang tidak baik. Dampak tersebut bisa menyebabkan hewan punah dan kerusakan lingkungan. Ayo kita pelajari lebih lanjut.
Bacalah cerita berikut.
Sesungguhnya, apa yang terjadi pada warga sudah lebih dahulu dirasakan oleh harimau-harimau penghuni hutan tersebut. Warga memang sering masuk ke hutan dan melakukan penebangan hutan untuk memperluas ladang kopi mereka. Tentu saja hal ini mengakibatkan habitat hewan hutan semakin sempit. Hak hidup hewan yang menjadi penghuni hutan terganggu. Pohon-pohon yang menjadi sumber makanan hewan-hewan kecil dirusak. Akibatnya hewan-hewan kecil tersebut mencari makan di tempat lain. Nah, hewan besar seperti harimau yang memangsa hewan kecil pun kehilangan hak-nya untuk mencari makan di habitatnya sendiri. Naluri untuk meneruskan kehidupanlah yang membuat harimau-harimau tersebut kemudian mencari makan ke tempat lain. Itulah sebabnya harimau pun masuk ke Desa Badung.
Jika demikian, apakah harimau yang mengganggu hak hidup warga Desa Badung atau justru warga Desa Badung yang mengganggu hak hidup harimau di hutan? Manusia di karuniai akal, budi pekerti, dan kebijaksanaan. Sudah seharusnya manusialah yang memahami kewajibannya untuk menjaga hak hidup makhluk lain di sekitarnya, termasuk harimau.
Alasan | Dijadikan pakaian | Pemburu | Kegiatan upacara adat |
---|---|---|---|
Pendapat | |||
Setujukah kamu dengan alasan tersebut? Jelaskan | Tidak setuju karena membuat pakaian dari kulit hewan mengganggu kelestarian hewan | Tidak setuju karena memburu dapat mengakibatkan hewan punah | Tidak setuju karena memanfaatkan bulu hewan dapat mengancam kelestarian hewan |
Dampak bagi lingkungan | Dampak bagi lingkungan mengakibatkan banyak perburuan liar | Banyak hewan mati dan keseimbangan alam terganggu | Banyak hewan mati karena dimanfaatkan bagian tubuhnya |
Dampak bagi orang lain | Dengan memakai baju dari kulit hewan berarti merampas hak orang lain | Dengan memburu hewan merampas hak orang lain | Dengan menggunakan bulu pada upacara adat melanggar hak warga lain |
Apakah perbuatan dalam gambar tersebut melanggar hak orang lain? Mengapa | Ya karena orang lain juga berhak menikmati keragaman hewani | Ya karena orang lain juga berhak merasakan keseimbangan alam | Ya karena warga yang lain juga berhak mendapatkan keindahan dari bulu burung tersebut |
Tulislah saranmu | Sebaiknya membuat pakaian dengan bahan yang lain saja misalnya bahan sintetis | Sebaiknya hewan jangan diburu untuk alasan apapun | Sebaiknya hiasan pada upacara adat dapat menggunakan bahan yang lain |
Zahra Kalonica Aretha Antonny hadir
BalasHapusya bu guru terima kasih
Assalamualaikum bu,,,
BalasHapusRifat Fadhil Al-Azzam
Hadir bu Lela 🙏🙏
Alifa Ayu Rahmadhiya
BalasHapusHadir bu🙏
Damara Qiano Bulfiah hadir bu
BalasHapusSalsabila farahani Herman
BalasHapusNo absen 25
Hadir bu
Fatimah Zahira Alviansa
BalasHapusNo absen 11
Hadir bu
Naira Afiifah Putri
BalasHapusHadir bu
Assalamualaikum Ibu
BalasHapusAsfa arziki wiangga
Hadir ibu
M. Gibran Wira Al Ra'id
BalasHapusHadir bu
M. Farrel Oldryska
BalasHapusKelas 4D
No. Absen 16
Hadir bu
Rachel moza anindya
BalasHapusHadir bu
Alvin Hafidz Putra Pratama
BalasHapusKelas:4D
Nomor Absen:2
Hadir Bu Guru 🙏🙏🙏
M Raihan Herlambang
BalasHapusKls : 4D
Nomor absen : 18
Hadir bu