Selasa, 31 Agustus 2021

 

Tema 2                : Selalu Berhemat Energi

Sub Tema 3        : Energi Alternatif

Pembelajaran    : 3 Dan 4

Kelas                  : 4 D

Hari/Tanggal     : Rabu, 1 September 2021      


 Tujuan Pembelajaran : 

1.  Membuat teks petunjuk tentang menghemat energi.

2. Menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster.

3. Menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyarakat di sekitarnya.

4. Mempresentasikan hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban

    masyarakat disekitarnya.


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Mudah-mudahan kalian semua dalam keadaan sehat.

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah anak-anak kemarin kalian sudah belajar tentang kalimat petunjuk dan membuat poster tentang menghemat energi , sekarang kita lanjukan materinya, namun sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Baiklah anak-anak kita awali pembelajaran hari ini dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim.

4.4.1 Menyajikan teks petunjuk berdasarkan kegiatan

Aturan Pemakaian

  • Dewasa: 3x sehari 1 tablet.
  • Anak-Anak: 3x sehari ½ tablet.
  • Atau menurut petunjuk dokter.

Peringatan dan Perhatian

  • Tidak dianjurkan untuk anak di bawah umur 2 tahun.
  • Obat ini sebaiknya diberikan sesudah makan.
  • Hati-hati pemberian pada penderita hipoksemia.
  • Jangan melampaui batas dosis yang dianjurkan.
  • Apabila gejala-gejala asma masih tetap atau bertambah buruk, segera hubungi dokter.
  • Hati-hati pemberian pada wanita hamil.

Efek samping

  • Sakit kepala, pusing, mual, muntah, diare, jantung berdebar, dan sukar tidur.
  • Kelebihan dosis pada anak-anak dapat mengakibatkan hematemesis, simulasi susunan saraf pusat, diuresis, dan demam.

Kontraindikasi

  • Penderita hipertensitif terhadap teofilina dan efedrina.
  • Penderita hipertensi, penyakit jantung, kencing manis, tukak lambung, dan hipertiroid.
  • Jangan diberikan 12 jam setelah pemberian rectal preparat lain yang mengandung teofilina atau aminofilina.

ipa

Indikator:

3.5.6 Mengidentifikasi manfaat kentangsebagai sumber energi alternative dalam 

   kehidupan sehari-hari.

4.5.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energy pada  

     kentang.


Di rumah kita banyak menggunakan energi

listrik. Apakah ada energi pengganti energi

listrik?

Selain bermanfaat untuk kebutuhan minuman,

jeruk nipis pun dapat digunakan sebagai

sumber energi alternatif.

Di hadapanmu sudah terdapat empat iris

jeruk nipis, lima potong kabel (atau kawat

penghantar listrik) jika kabel tidak tersedia

dengan masing- masing panjangnya 10 cm, dan satu bola lampu senter. Amatilah gambar berikut. Ikutilah kegiatan yang ada pada gambar sampai lampu menyala. Diskusikan dengan temanmu bagaimana caranya agar lampu menyala.

Apabila percobaanmu belum berhasil, cobalah lagi. Perhatikan gambar dengan

cermat.

Setelah berhasil, cobalah lagi.

 

B. Indonesia

Indikator                             :

3.4.2 Membuat teks petunjuk tentang menghemat energi.

4.4.2 Menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster.

 

PKN

Indikator :

3.2.5 Menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyarakat di sekitarnya.

4.2.5 Mempresentasikan hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban

      masyarakat disekitarnya.

 


Kerjakan Soal : 

1. Tuliskan langkah-langkah membuat poster !

2. Tulislah Kalimat ajakan tentang menghemat energi !

bu guru tunggu sampai pukul 13.00 ya anak2, selamat mengerjakan :)

14 komentar:

Materi Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan tema 4

  Perbaikan dan Pengayaan Tema 4 Kelas 4 SD   Assalamualaikum wr.wb Selasa 14 Desember 2021 Tabikpun.... Semangat pagi ananda shaleh shaleha...