بسم الله الرحمن الرحيم
Kelas : IV
Hari / tanggal : Selasa, 25 Mei 2021
Tema : Kayanya Negriku
Subtema 3 : Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Pembelajaran : 4,5, Dan 6
Muatan Pembelajaran : PPKN Dan Bahasa Indonesia
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas IV, Untuk pembelajaran hari ini kita tema 9 Subtema 3 PB 4,5 Dan 6, silahkan di baca dan di pahami lalu selesaikan soal di setelah membaca nya!
1. Pendamping
Pembelajaran 4
-
PPKn
Mengidentifikasi
Sikap Persatuan dan Kesatuan dalam Melestarikan SDA
Melestarikan
sumber daya alam merupakan kewajiban seluruh anggota masyarakat, Hal tersebut
dilakukan agar sumber daya alam bukanlah milik satu orang saja. Seluruh
masyarakat wajib untuk melaksanakannya Bersama-sama dan saling menunjukkan
sikap Persatuan dan Kesatuan.
Contohnya
yaitu:
·
Kerja bakti membersihkan
selokan
·
Bergotong-royong
memebersihkan sungai
·
Bergotong-royong
membangun sarana kebersihan
·
Menanam bibit pohon di
sekitar taman.
-
Bahasa Indonesia
Menerapkan
Langkah-Langkah Wawancara
Tentu
kamu masih ingat, Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan
wawancara. Dala sebuah wawamcara, pewawancara harus menggunakan Bahasa
Indonesia yang baik dan benar serta mudah di bahami oleh narasumber.
Contoh
pertanyaan wawancara:
·
Berpa kali sungai ini
dibersihkan oleh warga setempat secara bergotong-royong dalam setahun?
·
Apa manfaat yang di
rasakan warga setelah sungai ini di bersihkan secara bergotong-royong?
Ayo lakukan wawancara
mengenai sikap persatuan dan kesatuan dalam melestarikan sumber daya alam!
2. Pendamping
Pembelajaran 5
-
PPKn
Mengidentifikasi
Usaha-Usaha Pelestarian Sumber Daya Alam
Kamu
telah mempelajari bahwa sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar perlu
dimanfaatkan secara bijak. Selain itu, sumber daya alam tersebut perlu
dilestarikan agar ketersediannya masih dapat dimanfaatkan oleh generasi
berikutnya.
Tahukah
kamu bagaimana melestarikan sumber daya alam? Perhatikan Gambar-gambar berikut!
Menanam Kembali (Reboisasi) Menangkap Ikan dengan Jaring
Mendaur Ulang Botol Plastik bekas
3. Pendamping
Pembelajaran 6
-
Bahasa Indonesia
Melakukan
Wawancara Tentang Kerusakan Lingkungan
Ayo,
kita Kembali melakukan wawancara! Sebelumnya, kamu melakukan wawancara terkait
dengan sikap persatuan dan kesatuan dalam melestarikan sumber daya alam. Pada
pelajaran kali ini, kamu akan melakukan wawancara mengenai kerusakan lingkungan
di sekitar. Masih ingatkah kamu Langkah-langkah yang di perlukan sebelum
melakukan wawancara?
-
PPKn
Menjelaskan
Akibat Tidak Melaksanakan Kewajiban
Menjaga
sumber daya alam yang terdapat di lingkungan sekitar merupakan suatu kewajiban
bagi setiap warga negara. Apabila kewajiban tersebut telah dipenuhi, maka kita
pun dapat menerima hak untuk menikmati sumber daya alam tersebut. Misalnya,
apabila kita menanam pohon di lahan yang gundul atau kering, kit dapat
menikmati hak berupa ketersediaan air yang cukup, terhindar dari bencana tanah
longsor, dan menghirup udara segar.
Namun, apabila kita tidak melaksanakan kewajiban melestarikan sumber daya alam, maka hak pun tidak akan bis akita dapatkan. Misalnya apabila kita membuang sampah ke sungai, maka sungai tersebut akan semakin menyempit karena sampah dan menyebabkan banjir. Selain itu, tercium pula aroma yang tidak sedap. Oleh karena itu, hak dan kewajiban harus dijalankan dengan seimbang.
Simak dan pelajari pembelajaran 4,5, dan 6 di atas ya anak anak, dan bu guru minta ulas dan pelajari kembali tema 6 sampai tema 9 untuk menghadapi PAS yang akan datang! 🙏
Terima kasih mama dan bunda yang sabar selalu mendampingi pembelajaran daring.
Semoga anak - kita menjadi anak yang soleh dan soleha Aamiin... 🤲🏻🙏Waalaikumsallam wr. wb
Assalamualaikum, bu guru
BalasHapusNama : M. Fikri All Kasmir
Kelas : 4E
No Absen : 15
Hadir bu guru
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama:sarah zahira
Kelas:4e
No absen:24
Hadir bu🙋🙋
Assalamualaikum bu.
BalasHapusM. Arkana Adhyaksa Abas
Kelas : 4e
Hadir
Terima kasih atas materinya bu..🙏
Assallammuallaikum bu...
BalasHapusNama : Najwa Hasifah Denny
Kelas : 4e
Hadir bu...
Terima kasih atas materinya...