بسم الله الرحمن الرحيم
Kelas : IV
Hari / tanggal : Senin, 24 Mei 2021
Tema : Kayanya Negriku
Subtema 2 : Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
Subtema 3 : Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
Pembelajaran 6 Subtema 2, Pembelajaran 1,2, Dan 3 Subtema 3
Muatan Pembelajaran : PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Dan SBDP
Apa kabar anak sholeh sholehah kelas IV, Untuk pembelajaran hari ini kita tema 9 Subtema 2 PB 6 yaa dilanjutkan Subtema 3 PB 1,2 Dan 3, silahkan di baca dan di pahami lalu selesaikan soal di setelah membaca nya!
Subtema 2
1. Pendamping
Pembelajaran 6
-
PPKn
Menjelaskan
Kerja Sama dalam Melaksanakan Kewajiban Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam
Pada
pembelajaran sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa sumber daya alam
memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Akan tetapi, pemanfaatan sumber daya
alam yang berlebihan secara terus menerus dapat menimbulkan permasalahan,
misalnya ketersediaan sumber daya alam yang habis atau tercemarnya sumber daya
alam tersebut.
Berikut
contoh kerja sama dalam melaksanakan kewajiban menjaga kelestarian sumber daya
alam:
·
Melaksanakan kerja bakti
·
Melakukan kegiatan
reboisasi hutan
·
Melakukan pengolaan
sampah dengan baik
·
Menyediakan tempat sampah
di beberapa titik lokasi
·
Pemerintah daerah
berpartisipasi dalam membersihkan sungai
-
Bahasa Indonesia
Melakukan
Wawancara tentang Pelestarian Sumber Daya Alam
Ayo,
ingat Kembali Langkah-langkah yang harus dilakukan saat mewawancarai seseorang!
Kamu perlu menentukan topik dan narasumber yang ingin di wawancara terlebih
dulu. Kemudian, kamu dapat Menyusun pertanyaan wawancara sesuai topik.
Untuk topik yang berhubungan dengan
pelestarian sumber daya alam, kamu dapat mewawancarai narasumber seorang
pengrajin benda yang memanfaatkan sampah atau benda bekas. Seperti yang kita
ketahui, salah satu bentuk pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitar
adalah membersihkan sampah atau melakukan daur ulang.
Subtema 3
1. Pendamping Pembelajaran 1
-
Bahasa Indonesia
Menjelaskan Langkah-Langkah Wawancara
dan Penerapannya
Ayo,
ingat Kembali Langkah-langkah untuk melakukan wawancara, kamu perlu menentukan
suatu topik. Setelah itu, pilihlah seorang narasumber yang sesuai dengan topik
wawancara. Lalu, susunlah pertanyaan dengan tepat.
Pada
pembelajaran sebelumnya, kamu telah melakukan wawancara terkait topik
pelestarian sumber daya alam (SDA). Pelestarian SDA perlu dilakukan agar
ketersediannya tetap terjaga di alam. Beberapa kegiatan pemanfaatan SDA secara
berlebihan yang dilakukan manusia dapat memberikan dampak buruk bagi
kelestarian SDA tersebut. Misalnya menebang pohon berlebihan, dengan melakukan
wawancara, kamu dapat menentukan sikap yang tepat terhadap lingkungan sekitar
agar dapat memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana.
-
IPA
Menejelaskan
Penghematan Energi dan Pemanfaatan Energi Alternatif
Dalam
kehidupan sehari-hari, kita menggunakan berbagai macam sumber energi, salah
satunya adalah energi dari fosil sebagai bahan bakar gas. Sebelumnya, kamu
telah mengetahui bahwa energi dari fosil adalah sumber energi yang tidak dapat
diperbarui. Pemakaian secara terus-menerus dalam jumlah besar, akan membuat
cadangan energi dan fosil semakin berkurang habis.
Penghematan
sumber energi dapat dilakukan dengan cara berikut:
·
Mengurangi penggunaan
kendaraan bermotor
·
Lebih memilih berjalan
kaki atau bersepeda
·
Mematikan peralatan listrik
jika tidak digunakan
·
Menggunakan sumber energi
alternatif sebagai pengganti energi dari fosil.
Energi alternatif
digunakan untuk menggnti sumber energi yang akan habis. Energi alternatif yang
akan digunakan juga harus ramah lingkungan. Contoh pemanfaatan sumber energi
alternatif adalah kotoran ternak sapi.
-
IPS
Menjelaskan
Pemanfaatan Sumber daya alam secara bijaksana
Sumber
daya alam banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Namun, kekayaan sumber daya alam tersebut akan cepat habis jika dimanfaatkan
secara berlebihan.
Berikut
contoh pemanfaatan SDA secara bijaksana.
·
Menggunakan SDA sesuai
kebutuhan saja
·
Tidak mengubah lahan
hutan menjadi perumahan
·
Menerapkan
system tebang pilih tanaman
·
Melakukan reboisasi
·
Memeperbaiki lahan bekas
tambang
2. Pendamping
Pembelajaran 2
-
PPKn
Mengidentifikasi
Hak dan Kewajiban Masayrakat Terhadap SDA
Air
merupakan sumber daya alam yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Banyak
kegiatan yang menggunakan air, misalnya, mencuci, mengepel, minum, dan mandi.
Selain hak masyarakat juga memiliki kewajiban tetap melestarikan ketersediaan
air bersih, kewajiban tersebut adalah sebagai berikut.
·
Mematikan keran bila sudah
tidak digunakan
·
Menanam pohon
·
Tidak membuang sampah ke
selokan
·
Mandi atau mencuci
pakaian dengan air yang cukup
·
Tidak menebang pohon
sembarangan
-
SBdP
Menjelaskan
makna Lagu Bertema Lingkungan (1)
Selain
menyanyikan lagu dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat, kita juga
harus mengetahui makna lagu penting karena kita dapat menyanyikan lagu dengan
penuh pengahayatan. Misalnya, lagu “Lihat Kebunku”. Lagu itu merupakan lagu
yang memeliki tema lingkungan. Dalam lirik lagu ini menceritakan keindahan
suatu kebun yang di rawat dan dijaga dengan baik.
3. Pendamping
Pembelajaran 3
-
IPA
Menjelaskan
Pemanfaata Energi Alternatif
Kita
telah mengetahui bahwa Indonesia memiliki berbagai macam sumber energi yang
dapat dimanfaatkan. Contohnya, minyak bumi, minyak bumi di manfaatakan sebagai
bahan baku pembuatan bensin, pelumas, lilin, dan plastic. Saat ini, bensin
digunakan untuk menghidupkan mesin pembangkit listrik. Akan tetapi, penggunaan
sumber energi secara terus menerus tanpa adanya upaya pengehamatan akan
menyebabkan ketersediaan minyak bumi di alam akan habis.
Salah satu upaya menghemat penggunaan
sumber energi adalah menggantinya dengan sumber energi alternatif. Penggunaan
energi alternatif juga tidak menimbulkan polusi bagi lingkungan, contoh sumber
energi alternatif yakni, matahari, angin, air, panas bumi, biogas, dan
biomassa.
-
Bahasa Indonesia
Melakukan
Wawancara tentang Pengunaan Energi Alternatif
Wawancara
merupakan kegiatan yang dapat menambah pengetahuanmu mengenai suatu hal. Dengan
wawancara, kamu mendapatkan informasi langsung dari narasumber yang ahli.
Perhatikan cuplikan wawancara berikut!
Jawablah soal di bawah ini :
1. Kerjakan Cerdas Subtema 3 Halaman 96-98 !
Jawablah Pertanyaan yang bagian pilihan ganda saja ya anak-anak,
Jawaban dikumpul paling lambat pukul 13.00 🙏
Terima kasih mama dan bunda yang sabar selalu mendampingi pembelajaran daring.
Semoga anak - kita menjadi anak yang soleh dan soleha Aamiin... 🤲🏻🙏Waalaikumsallam wr. wb
Assalamualaikum
BalasHapusNama : ayu Nabila
Kls : 4e
No absen 5
Terima kasih Bu gusu
Minal aidzin walpaizin mohon maaf lahir dan batin
Assalamualaikum, bu guru..
BalasHapusNama : M. Fikri All Kasmir
Kelas : 4E
No Absen : 15
Hadir bu guru
Terima kasih bu guru
Assalamualaikum Bu guru
BalasHapusNama:M. Azka Sauqi Ramadhan R.
Kelas:4E
No.absen:14
Hadir Bu guru🙋♂️🙋♂️
Terima kasih atas materinya Bu guru
Wassalammualaikum wr wb.
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama:sarah zahira
Kelas:4e
No absen:24
Hadir bu🙋🙋
Nama : tahani alfath dan
BalasHapusKelas : 4e
Hadir bu