Kamis, 26 November 2020

Materi Pembelajaran hari jum'at, Tema 5 Subtema 3 Pb 1,2 dan 3

 Jum'at, 27 November 2020

Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1,2,3

 

Assalamualaikum wr wb 

Anak-anak sholeh/sholehah kelas IV E

Semoga dalam keadaan sehat dan selalu semangat menjalani pembelajaran dari rumah ya nak..

 

 Jum'at, 27 November 2020

Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 1,2 dan 3

 

Assalamualaikum wr.wb 

Anak-anak sholeh sholehah kelas IV E, Bagaimana khabarnya hari ini,sehat semua kan? 

Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu semangat menjalani pembelajaran dari rumah ya nak..

 *IPS*

Sikap Kepahlawanan Pangeran di Ponegoro

Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia. Nama aslinya Bendara Pangeran Harya Dipanegara, namun sewaktu kecil ia dipanggil Bendara Raden Mas Antawirya. Ia adalah putra dari Hamengkubuwana III, penguasa Kesultanan Yogyakarta.

Pembahasan

Sebagai seorang pejuang tentu ada banyak sikap kepahlawanan dari Pangeran Diponegoro, antara lain sebagai berikut:

PATRIOTISME, yakni sifat rela dan berani berkorban atas segala yang dimiliki termasuk nyawa sekalipun demi untuk membebaskan rakyat dari kesewenang-wenangan Belanda yang menyengsarakan.

CINTA TANAH AIR, salah satu pemicu amarah Pangeran Diponegoro adalah karena Belanda sangat tidak menghargai adat istiadat setempat. Kemarahan ini memunculkan tekad untuk melawan Belanda demi tegaknya kehormatan tanah air.

PANTANG MENYERAH, meski peralatan perang Belanda lebih maju namun hal tersebut tidak membuat Pangeran Diponegoro gentar, ia tetap melanjutkan peperangan melawan Belanda dengan segenap apa yang ia miliki.

MENDAHULUKAN KEPENTINGAN UMUM. Seperti disebutkan pada awal tulisan ini bahwa Pangeran Diponegoro berasal dari keluarga kerajaan. Hidupnya tentu menyenangkan dan tidak harus sengsara seperti rakyat kecil. Namun kepentingan pribadinya ia hilangkan dan berjuang menentang Belanda untuk membela kepentingan umum, kepentingan rakyat.

BERANI MEMBELA KEBENARAN, meski nyawa taruhannya.

Dan masih banyak lagi lainnya.\


 

 *PKN*

 Sikap" yang sesuai dengan Pengamalan Pancasila 

Perilaku adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia atau hewan yang dapat diamati dengan cara tertentu. Pada masa-masa sekolah adalah dimana siswa berperilaku yang beragam terhadap teman atau guru di lingkungan sekolah.

Perilaku siswa tersebut terkadang tidak mencerminkan perilaku sesuai pengamalan nilai-nilai pancasila. Beragam perilaku siswa sekolah yang masih belum sesuai dengan nilai-nilai pancasila sila kelima di lingkungan sekolah salah satunya masih minim pemahaman akan nilai-nilai Pancasila.

Contoh perilaku yang sesuai Pancasila dan dampak yang ditimbulkannya sebagai cerminan perwujudan dalam sila-sila Pancasila:

1.Ketuhanan Yang Maha Esa

Contoh perilaku :

– Rajin beribadah dan berdoa kepada

Tuhan Yang Maha Esa

– Menghormati teman dari agama lain yang sedang beribadah.

 

2.Kemanusiaan yang adil dan beradab

Berikut contohnya:

– Berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan

– Tidak menggangu teman yang sedang beribadah

– Tidak bergunjing

– Menghormati Bapak dan Ibu guru.

 

3.Persatuan Indonesia

Contoh perilaku :

– Ikut serta dalam kegiatan masyarakat bersama-sama

 

4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan

Contoh perilaku :

– Bermusyawarah untuk menentukan siapa yang menjadi ketua kelas.

– Menghargai pendapat orang lain.

 

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Contoh perilaku :

– Menghormati hak orang lain, suka menabung dan tidak bergaya hidup mewah.

 *IPA*

Sikap cahaya pada periskop. 

MERANCANG MODEL PERISKOP

Periskop adalah alat yang berfungsi untuk melihat dan mengamati keadaan di permukaan laut.  Coba perhatikan di bagian atas kapal selam, teman-teman pasti akan melihat alat yang mirip pipa panjang yang dapat diputar 180 derajat (ke segala arah). Alat yang seperti pipa itulah yang disebut periskop. Bagian dalam periskop adalah terdiri dari cermin dan lensa. Periskop yaitu cermin yang terletak di bagian atas yang berfungsi untuk mendapatkan bayangan di tempat yang lebih tinggi. Sesudah bayangan diperoleh bagian cermin atas, maka cermin bagian bawah akan meneruskan bayangan tersebut. Setelah diatur, maka didapatkan bayangan benda yang sesuai dengan keadaan bendanya.

Periskop memanfaatkan salah satu sifat cahaya yaitu … pemantulan cahaya (refleksi cahaya). Pembahasan: Sebuah periskop bekerja berdasarkan prinsip rekleksi cahaya, dengan menggunakan dua cermin datar untuk memantulkan cahaya dari satu tempat ke tempat lain.



Untuk hari ini Anak -anakku baca dan simak materi nya... Untuk persiapan menghadapi PAS (Penilaian Akhir Semester)

Terimakasih 

Wassalamualaikum wr. wb

Jangan lupa komennya ya syg!  πŸ’ͺπŸ™

19 komentar:

  1. Nama : Ayu Nabila
    Kelas : 4e
    No Absen : 5
    Hadir buguru , terima kasih

    BalasHapus
  2. Nama Zalfa Maharani Yasha
    No absen 27
    Hadir

    BalasHapus
  3. Nama:Quinsha Sandrica Fellycia
    Kelas:4E
    No.absen:20
    Hadir ya bu...terima ksh untuk materinya

    BalasHapus
  4. Nama : M. Arkana Adhyaksa Abas
    Kelas : 4e
    No. Absen : 12
    Hadir
    Terima kasih atas materinya bu..πŸ™

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum
    Nama:sarah zahira
    Kelas:4e
    No absen:24
    Hadir bu
    Terima kasih Bu atas materinya

    BalasHapus
  6. Asalamualaikum
    Nama:Queen KENZA ADRIAN
    Kelas:4E
    No. Absen:19
    Hadir buk

    BalasHapus
  7. Assallammuallaikum bu..
    Nama : Najwa Hasifah Denny
    Kls : 4e
    No Absen : 17
    Hadir bu.. terima kasih bu atas materinya😊

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum bu guru
    Nama : M. Fikri All Kasmir
    Kelas : 4E
    No Absen : 15
    Hadir bu guru..
    Terima kasih bu atas materinyaa:)

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum bu guru
    Nama : ARIQI ALSADAD F
    Kelas : 4E
    No Absen :03
    Hadir bu guru..

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum buguru...
    Nama:Assyifa rizquita
    Kelas:4e
    No.absen:4
    Hadir buguru...Terimakasih atas materi hari ini buguru.....

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum bu
    Nama :M al fahri ramadhan
    Kelas:4E
    Absen:11
    Hadir buπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  12. Nama:hazeeqah fikri hadirani
    Kelas:4E
    Absen:8
    Hadir bu πŸ™

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum bu

    Nama : Reyndita puti Azzahra
    No absen : 23

    Hadir bu guru

    Wasalamualaikum, wr.wb

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum bu

    Nama : Reyndita puti Azzahra
    No absen : 23

    Hadir bu guru

    Wasalamualaikum, wr.wb

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum Bu
    Nama : moza Nayla Putri
    Kls. : 4e
    No absen : 16
    Hadir bu

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum bu

    Nama : M. Azka Sauqi Ramadhan R
    Kelas : 4e
    Absen : 14
    Hadir bu
    Terima kasih atas materinya bu

    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum.. .
    Nama:Dhinea dzakia queenta
    Kelas:4e
    No.absen:06
    Hadir ya buπŸ™

    BalasHapus
  18. Makasih syg atas komentar dan absennya yg blm komentar d tgu ya ! πŸ™

    BalasHapus

Materi Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan tema 4

  Perbaikan dan Pengayaan Tema 4 Kelas 4 SD   Assalamualaikum wr.wb Selasa 14 Desember 2021 Tabikpun.... Semangat pagi ananda shaleh shaleha...