Senin, 09 November 2020

Materi ajar Matematika ( Penaksiran ) hari Selasa, 10 nopember 2020

 Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi anak-anakku kls 4e,bagaimana kabar kalian semua,semoga selalu sehat ya..

Baik anak-anak sebelum kalian menyimak isi materi jangan lupa sholat duha dan morojaahnya ya terimakasih🙏


PB.5

PENAKSIRAN:

Penaksiran yaitu asumsi yang dilakukan untuk hasil dari sebuah operasi hitung. Untuk melaksanakan penaksiran, kita harus memakai aturan-aturan pembulatan sehingga risikonya dapat mendekati hasil operasi hitung yang sebenarnya. Untuk memahami konsep penaksiran dalam matematika, perhatikan teladan soal berikut ini:


Contoh Soal 1

Cobalah untuk menaksir hasil dari penjumlahan berikut menuju ribuan terdekat!

A. 1.254 + 3.675 = ...

B. 7.834 - 4.390 = ...


Penyelesaaian:

Kita bulatkan dulu angka-angka tersebut menuju ribuan terdekat.


A. 1.334 dibulatkan menjadi 1000

   2.675 dibulatkan menjadi 3000

Maka hasil penaksirannya yaitu : 1.000 + 3.000 = 4000

Bandingkan dengan hasil sebenarnya: 1.334 + 2.675 = 4009 (mendekati)


B. 7.934 dibulatkan menjadi 8.000

   4.190 dibulatkan menjadi 4.000

Maka hasil dari penaksirannya adalah: 8.000 - 4.000 = 4.000

Bandingkan dengan hasil sebenarnya: 7.934 - 4.190 = 3.744 (mendekati)


Contoh Soal 2

Jumlah penonton yang duduk di sisi kanan stadion yaitu 2.468 orang. Sementara jumlah penonton yang ada di sisi kiri stadion yaitu 8.632 orang. Sementara itu jumlah penonton yang belum masuk ke stadion yaitu 1.358 orang. Taksirlah jumlah keseluruhan penontton yang nantinya akan berada di dalam stadion.


Penyelesaian:

Lakukan pembulatan ribuan:


2.468 menjadi 2.000

8.632 menjadi 9.000

1.358 menjadi 1.000


Barulah kita jumlahkan: 2000 + 9000 + 1000 = 12.000 orang

Bandingkan dengan jumlah sebenarnya: 2.468 + 8.632 + 1.358 = 12.458 (mendekati)


Baik anak-anak tugas kalian hari ini adalah mengerjakan soal di bawah ini ya..silahkan kerjakan pada buku tulis MTK dan kirim jawaban pada WA Bu guru paling lambat pukul 7 malam

Apabila ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar,dan jangan lupa absen siswa di kolom komentar ya syg,  terimakasih🙏

SOAL 

1. Cobalah taksir hasil perkalian dari bilangan-bilangan berikut:

11 x 22 = ...


2. Taksirlah hasil penjumlahan bilangan-bilangan berikut ini:

4.644 + 2.543 = ...

Selamat mengerjakan......! 💪💪😍

Wassalamualaikum wr. wb


13 komentar:

  1. Asalamualaikum buk sayak Raffa alam syah hadir

    BalasHapus
  2. Waalaikumsalam bu
    Nama : Sarah Zahira
    Kls : 4e
    No absen=24
    Hadir bu

    BalasHapus
  3. Alhammdullillah hadir bu... Dan terima kasih atas materi pembelajaran hari ini...

    BalasHapus
  4. Allhammdullillah Najwa Hasifah Denny Hadir bu... Dan terima kasih atas materi pembelajaran hari ini

    BalasHapus
  5. Waalaikumsalam bu guru, trimkasih atas materi pembelajaran hari ini,

    Reyndita Puti Azzahra
    NO Absen 23
    Hadir Bu guru

    BalasHapus
  6. Waalaikumsalam buguru,terimakasih atas materinya
    Assyifa rizqwita
    No absen 4
    Hadir buguru

    BalasHapus
  7. Waalaikumsalam bu, terima ksh untuk materi hari ini, Quinsha Sandrica Fellycia hadir ya bu

    BalasHapus
  8. Waalaikumsalam terima kasih untuk materi hari ini Bu.
    M. Hilal Abiyu Kusuma Wardhana
    Kelas: 4E
    Hadir Bu :)

    BalasHapus
  9. Waalaikumsalam bu guru, trimkasih atas materi pembelajaran hari ini,

    Reyndita Puti Azzahra
    NO Absen 23
    Hadir Bu guru

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Nama :M al fahri ramadhan
    Kelas:4E
    Absen:11
    Hadir bu

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Makasih ya anandaku yg telah absen d blog buguru!
    dan memberikan komentarnya dg baik

    BalasHapus

Materi Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan tema 4

  Perbaikan dan Pengayaan Tema 4 Kelas 4 SD   Assalamualaikum wr.wb Selasa 14 Desember 2021 Tabikpun.... Semangat pagi ananda shaleh shaleha...