Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan dan penyelesaian masalah (sederhana) dalam teks tulis.
Dapat mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan masalah dan penyelesaiannya dengan tepat.
Aku adalah warga negara Indonesia. Aku lahir dan tinggal di Indonesia. Aku memiliki kewajiban dan hak sebagai warga negara.
Aku harus melaksanakan kewajibanku. Aku harus menjadi warga negara yang baik. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Aku harus menjadi anak yang sehat dan kuat.
Aku sudah banyak mendapatkan hakku. Aku tinggal di lingkungan yang aman. Aku bersekolah dengan gembira. Di dekat rumahku ada klinik dan tempat ibadah.
Lingkungan Hijau
Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah Dayu dipenuhi pohon rindang. Udara terasa sejuk dan segar. Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang. Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu berdiskusi dengan temantemannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerja
sama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.
Buku Tematik BSE Kemendikbud
Buku Tematik Terpadu
Tes Tertulis
Garis bawahi masalah yang ada pada teks dengan rapi!
Garis bawahi kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah!
*SBdP*
Mengetahui teknik potong, lipat dan sambung.
Dapat mengidentifikasi teknik lipat dalam sebuah karya dengan tepat.
Dayu menggunakan buku untuk menutupi kepalanya. Ia ingin memakai topi yang sederhana dan murah.
Bantulah Dayu membuat topi! Gunakan kertas koran bekas! Perhatikan urutannya!
1. Ambil selembar kertas koran.
2. Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah.
3. Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga.
4. Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan.
5. Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan.
6. Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!
Buku Tematik BSE Kemendikbud
Buku Tematik Terpadu
Tes Praktek (Keterampilan)
Buatlah topi menggunakan kertas koran bekas!
Buatlah sesuai ukuran kepalamu!
Usahakan rapi dan dapat dipakai!
*Matematika*
Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah.
Dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil baginya diketahui dengan tepat.
Setiap orang wajib menjaga lingkungannya agar nyaman. Salah satu cara agar lingkungan nyaman adalah dengan menanam pohon. Lingkungan di tempat tinggal Dayu akan ditanami pohon. Pohon yang akan ditanam adalah pohon angsana. Hari ini, kecamatan akan
membagikan bibit pohon angsana. Kecamatan akan membagikannya ke seluruh kelurahan. Di kecamatan tempat tinggal Dayu ada 10 kelurahan.
Cobalah hitung berapa banyak bibit pohon angsana yang ada di kecamatan? Hitung juga berapa banyak bibit pohon angsana yang diterima oleh satu kelurahan
Buku Tematik BSE Kemendikbud
Buku Tematik Terpadu
Tes Tertulis
Cobalah membuat cerita seperti cerita Dayu dan bibit pohon angsananya!
Tentukan banyak kelurahan!
Tentukan banyak bibit pohon yang ada di kecamatan!
Tentukan jatah setiap kelurahan!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar