Senin, 08 November 2021

 

 Bahan Ajar Tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 kelas 4 SD

 Hari/Tanggal        :  Selasa   , 9 -11- 2021

 Tema                    : 5 (PAHLAWANKU )

Subtema               : 2 ( Pahlawanku Kebanggaanku )

Pembelajaran        : 1 dan 2

Alat Peraga           : Gambar  / vidio

Kompetensi Dasar : IPS 3.4 dan 4.4  IPA 3.7 dan 4.7    BI 3.8  dan 4.8  PPKN 3.1 dan 4.1  SBDP 3.2 dan 4.

Tujuan Pembelajaran : 

1.Setelah membaca teks tentang Sultan Hasanudin Peserta didik mampu menyebutkan informasi yang telah diketahui dengan benar

2. Setelah mengamati gambar Peserta didik mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam  serta pengaruhnya bagi wilayah setempat

3. setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin Peserta didik mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan. 

4.Setelah berdiskusi Peserta didik mampu memberikan contoh pengamalan sila ke lima pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?  Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪


IPS

Literasi

 


Beni ingin mengetahui lebih lanjut tentang perjuangan setelah masa kerajaan Hindu-Buddha. Bersama Beni, mari kita cari tahu lebih lanjut perjuangan tersebut.

Bacalah teks berikut dalam hati!



Dari perjuangan Sultan Hasanuddin, kita belajar tentang ‘keberanian’ dan 
‘kegigihan’ dalam melawan tindakan yang salah dan sewenang-wenang.
Sultan Hasanuddin berusaha untuk melawan kesewenang-wenangan 
Belanda. 

Perjuangan beliau layak diteladani dan diberi penghargaan. 
Berbagai peninggalan Sultan Hasanuddin juga perlu terus dilestarikan sebagai pelajaran bagi generasi berikutnya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perjuangan para pahlawannya

Berikut adalah Raja pada masa Pemerintahan Kerajaan Islam


Setelah mengetahui perjuangan para pahlawan, masih adakah tokoh masa sekarang yang mempunyai nilai-nilai kepahlawanan?


 BAHASA INDONESIA

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.
1. Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga raih?
2. Apa usaha yang ia lakukan untuk meraih prestasi itu?
3. Sikap-sikap baik apa yang dimiliki oleh Wiyoga? Jelaskan!
4. Apakah sikap tersebut mencerminkan sila ke lima Pancasila? Jelaskan!


Salah satu sikap yang dimiliki oleh Yoga adalah kerja keras. Hal itu sesuai dengan sila ke lima. Ayo kita pelajari lebih lanjut.

Sila ke lima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Sila ini bermakna
• Adil, bukan sama
• Mau bekerja keras
• Mengakui kedaulatan bangsa sendiri dan bangsa lain
• Menganggap bangsa sendiri sederajat dengan bangsa lain. 

Lambang sila ke lima adalah


 PPKN
Tuliskan 2 contoh sikap dan alasan yang sesuai dengan makna sila ke 5 !


Percobaan
Berkomunikasi Menggunakan Cahaya dan Cerimin
Langkah-langkah Percoban
1. Duduk bersama kelompokmu.
2. Perlihatkan cerminmu kepada kelompokmu.
3. Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya matahari.
4. Diskusikan kode yang disepakati untuk berkomunikasi beserta artinya  (misalnya ketika cahaya dipantulkan menggunakan cermin dan digerakkan melingkar sebanyak tiga kali, itu berarti seluruh anggota kelompok berkumpul di tengah halaman sekolah).
5. Setelah berdiskusi, anggota kelompok menyebar ke tempat yang berbeda di sekitar sekolah.
6. Setiap anggota kelompok berdiri di tempat yang terdapat cahaya matahari.
7.  Pantulkan cahaya kepada tempat yang disepakati.
8. Buat laporan tentang sifat cahaya di akhir kegiatan. Buatlah laporan dari  percobaanmu.

Kaca pembesar ini dapat digunakan untuk membantu melihat objek yang sangat kecil, misalnya untuk membantu pekerjaan tukang jam.
Cara Membuat Lup (Kaca Pembesar) Sederhana
Alat dan bahan:
1. Kantong plastik bening atau botol bening dengan permukaan rata
2. Air
3. Kertas dengan tulisan-tulisan yang kecil

Langkah kerja:
1. Isi kantong plastik dengan air.
2. Ikat kantong plastik.
3. Letakkan kertas di bawah kantong plastik.
4. Bandingkan tulisan asli dengan tulisan yang terlihat dari plastik.
5. Ulangi dengan kantong plastik berukuran seperlima kali lebih besar atau lebih kecil.
6. Bandingkan hasilnya.

1.    Berikut  ini yang bukan merupakan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke 5 adalah

a.       Mewujudkan keadilan  dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

b.      Bersikap adil dan ringan tangan membantu sesama yang membutukan

c.       Menumbuhkan sikap  cinta tanah air

d.      Tidak melakukan perbuatan yang merugikan pihak umum

 

2.    “Ayam Jantan dari Timur” merupakan julukan bagi seorang pahlawan yang bernama ……

a.       Imam Bonjol

b.      Teuku Umar

c.       Sultan Hasanudin

d.      Pangeran Diponegoro

 

3.    Sultan Hasanudin berasal dari daerah ….

a.       Padang

b.      Makasar

c.       Aceh

d.      Kalimantan

 

4.    Alat yang digunakan tukang reparasi jam untuk melihat bagian  mesin yang rusak adalah….

a.       Lup

b.      Teropong

c.       mikroskop

d.      periskop

 

5.    Ketika kita meletakkan cermin dibawah sinar matahari, maka cahaya matahari akan …

a.       Dibiaskan

b.      Dipantulkan

c.       Diserap

d.      dirambatkan

 

Kerjakan tugas dibuku latihan , tulis isinya saja!

Senin, 8 November 2021

Kamis , 4 November 2021

 


Bahan Ajar Tema 5 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 kelas 4 SD

 Hari/Tanggal        :  Kamis  , 4 -11- 2021

 Tema                    : 5 (PAHLAWANKU )

Subtema               : 1 ( Perjuangan Para Pahlawan)

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar  / vidio

Kompetensi Dasar : IPS 3.4 dan 4.4  SBDP 3.2 dan 4.2 BI 3.7 dan 4.7 PPKN 3.1 dan 4.1 

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik mampu mampu menceritakan perjuangan tokoh yang berpengaruh di zaman hindu ,budha . 

2.Peserta didik mampu mengidentifikasi tinggi rendahnya tempo pada lagu Maju Tak Gentar dengan benar.

3. Peserta didik mampu menyebutkan dan mempersentasikan informasi yang diketahuai tentang salah satu pahlawan nasional indonesia.

4. Peserta didik mampu menjelaskan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila pancasila.

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?  Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪



Literasi

IPS

Di akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Siapakah mereka? Mari, kita cari tahu!






Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati.

SBDP
Menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar "Sesuai nada tempo 
Cepat atau lambatnya suatu lagu disebut tempo .Tempo akan mempengaruhi ketukan masing-masing nada.Tempo lambat disebut largo,Tempo sedang disebut  mederato dan tempo cepat disebut allegro.Terdapat pula tempo marcia yang menandakan lagu tersebut dinyanyikan menggentak seperti orang berbaris .Lagu Maji Tak Gentar dinyanyikan dengan tempo marcia ,Kita perlu menyanyikannya dengan  lantang ,tegas,dan memperhatikan tinggi rendah nada.

Contoh lagunya dapat kalian simak link di bawah ini 👇



Bahasa Indonesia
Mempresentasikan Informasi dalam bentuk peta pikiran.
Agar lebih mudah untuk mengingatnya kita dapat menyajikan informasi penting dari teks yang telah dibaca dalam bentuk peta pikiran .Peta pikiran merupakan suatu cara untuk menyajikan konsep, ide , informasi lainya yang ditulis dalam bentuk kata kunci atau gambar .Penyajian info dalam bentuk peta pikiran diharapkan dapat membantu kita untuk mempelajari info lebih cepat dan efisien.

PPKN
Sikap Kepahlawanan 
1,Jujur dan tekun
2.Cinta tanah air
3.Pantang menyerah dan disiplin
4.Rela berkorban
5.Kerja keras.

Tugasmu !
Salah satu pahlawan yang turut melawan Belanda adalah Pangeran Diponegoro. Carilah informasi mengenai Pangeran Diponegoro dari berbagai sumber (internet, buku bos, atau lainnya). Ceritakan informasi yang kamu dapat mengenai Pangeran Diponegoro melalui Voicenote di group WA!


Selasa , 9 November 2021

  Bahan Ajar Tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 kelas 4 SD   Hari /Tanggal        :  Selasa   , 9 -11- 2021  Tema                    : 5 ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan tema 4

  Perbaikan dan Pengayaan Tema 4 Kelas 4 SD   Assalamualaikum wr.wb Selasa 14 Desember 2021 Tabikpun.... Semangat pagi ananda shaleh shaleha...