Rabu, 28 Juli 2021

 

Materi Ajar 29 Juli 2021

 Bahan Ajar Tema 1 Subtema 2

Hari/Tanggal        :  Kamis , 29 Juli  2021

Kelas                    :  4 D

Tema                    :  1 ( Indahnya Kebersamaan )

Subtema               :  2 (Kebersamaan dalam keberagaman  )

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat Peraga           : Gambar, teks, dan vidio pembelajaran


Selamat pagi anak sholeh dan sholehah, bagaimana  khabarnya hari ini ? mudah-mudahan kalian semua dalam keadaan sehat dan yang sakit mudah-mudahan cepat pulih kembali . Kemarin kalian sudah  belajar tema 1 subtema 2 pb 1 dan 2  hari ini kita lanjutkan materi kita ke  pb 3 dan 4. 

Seperti biasa awali pembelajaran dengan mencatat tausiyah, sholat dhuha dan murojaah. Mari kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca Basmalah. Bismillahirrohmanirrohim.......

Tujuan pembelajaran :

1.  Setelah menyimak vidio pebelajaran , peserta didik mampu menjelaskan fungsi sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dengan lengkap.

2. Setelah membaca teks, peserta didik  mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dengan mandiri dalam bentuk tabel.

3. Peserta didik mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerja sama dalam keberagaman dengan benar


*IPA*

Bagian dan cara kerja telinga.

Telinga merupakan salah satu pancaindra. Kita mendengar bunyi dengan telinga. selain berfungsi sebagai alat pendengaran, telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh. telinga terbagi  menjadi 3 bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. untuk lebih jelasnya kalian simak vidio pembelajaran dibawah ini.


Dari vidio pembelajaran diatas fungsi dari bagian telinga sebagai berikut :
1. Telinga luar
Daun telinga berfungsi menangkap getaran bunyi. 
Liang telinga berfungsi  meneruskan bunyi ke telinga tengah
Rambut halus berfungsi menghalangi debu dan air masuk ke telinga

2. Telinga tengah
Tulang-tulang pendengaran berfungsi meneruskan getaran bunyi ke koklea
Gendang telinga berfungsi  menerima getaran bunyi dari daun telinga dan meneruskan
ke tulang-tulang pendengaran.

3. Telinga dalam
Saluran setengah lingkaran berfungsi membantu  memertahankan keseimbangan tubuh
Syaraf pendengaran berfungsi meneruskan bunyi ke otak.
Klokea berfungsi  menerima dan meneruskan getaran bunyi ke saraf pendengaran
Saluran Eustachius berfungsi menghubungkan ruang telinga dan faring.


*Bahasa Indonesia*

Suatu teks terdiri dari beberapa paragraf. setiap paragraf memiliki gagasan pokok dan gagasan pendukung. Kalian sudah dapat menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung sebelumnya. Nah pada pembelajaran kali ini kalian akan belajar menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung  dalam bentu tabel

Perhatikan contoh berikut ini !

Idhul Adha  merupakan hari besar  keagamaan umat Islam. Idhul Adha dirayakan  setiap tanggal 10 Zulhijah pada penanggalan Hijriah. Setelah sholat diadakan penyembelihan hewan qurban. Daging hewan tersebut dibagikan pada warga sekitar.
 
Gagasan Pokok dan gagasan pendukung dalam bentuk tabel.

Paragraf

Gagasan Pokok

Gagasan pendukung

1

Ø  Idhul Adha merupakan hari besar keagamaan umat Islam

Ø  Idhul Adha dirayakan setiap tanggal 10 Zulhijah pada penanggalan Hijriah.

Ø  Setelah sholat diadakan penyembelihan hewan qurban.

Ø  Daging hewan tersebut dibagikan pada warga sekitar


*PKN*

Bentuk-bentuk kerjasama di kelas 

Kenjasama sangat beragam bentuknya.      Kerjasama juga dapat dilakukan di kelas seperti contoh berikut ini :

-Piket Kelas. 

Piket kelas merupakan salah satu  kerjasama yang dilakukan di kelas., manfaatnya adalah kelas menjadi bersih, melatih kerjasama siswa dan meningkatkan semangat belajar.

-Mengumpulkan sumbangan.

Ketika salah satu temanmu mengalami musibah, kamu dan teman-temanmu akan kerjasama mengumpulkan sumbangan, dan sumbangan yang kalian kumpulkan diberikan pada temanmu yang mengalami musibah.

-Mengerjakan tugas kelompok

Kerja kelompok membutuhkan kerjasama antar anggota kelompok, seperti diskusi kelompok dan membuat prakarya, Manfaat kerja kelompok yaitu pekerjaan  lebih ringan dan cepat selesai


Nah demikian materi pembelajaran hari ini, mudah-mudahan dapat dipahami ya nak....jika ada yang belum jelas silahkan tanya ke bu guru. 


Tugas

Bacalah teks dibawah ini kemudian tentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam bentuk Tabel !

Salah satu bentuk kerjasama adalah diskusi. Diskusi merupakan pertemuan  beberapa  orang  untuk bertukar pendapat mengenai  suatu permasalahan. Saat berdiskusi,  kita harus menghormati pendapat orang lain. Setiap pendapat memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita harus menghormati perbedaan pendapat tersebut.


Selamat belajar semoga berhasil, bu guru tunggu tugasnya paling lampat pukul 13.00. Kerjakan tugas tepat waktu !

14 komentar:

  1. Assalamualaikum bu Lela,,
    Rifat Fadhil Al-Azzam
    Hadir bu 🙏🙏

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu Lela..
    Alifa Ayu Rahmadhiya
    Hadir bu🙏💚

    BalasHapus
  3. Salsabila Farahani Herman
    Hadir Bu

    BalasHapus
  4. Zahra Kalonica Aretha Antonny
    Hadir ya buguru terimakasih

    BalasHapus
  5. Rachel moza anindya
    Hadir bu

    BalasHapus
  6. M. Gibran Wira Al Ra'id
    Hadir Bu Guru

    BalasHapus
  7. Ukasyah Assyathir kls 4D
    Hadir

    BalasHapus
  8. Lulu Humairah kelas 4D (hadir bu guru)

    BalasHapus
  9. Alvin Hafidz Putra Pratama
    Kelas:4D
    Nomor Absen:2
    Hadir 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  10. Naira Azalea Putri
    Kelas : 4D
    No. Absen : 21
    Hadir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr wb
      Fatimah Zahira Alviansa
      No absen 11 hadir bu

      Hapus

Materi Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan tema 4

  Perbaikan dan Pengayaan Tema 4 Kelas 4 SD   Assalamualaikum wr.wb Selasa 14 Desember 2021 Tabikpun.... Semangat pagi ananda shaleh shaleha...