Rabu, 17 Februari 2021

 

Materi Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 2 dan 3 Kelas 4 SD

 MATERI AJAR

TEMA 7  : INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU
SUB  TEMA 3                 : INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU
PEMBELAJARAN          : 2 dan 3                          Hari / Tanggal :  18 Febuari 2021

Muatan pelajaran : SBdP,B.Indonesia,IPA,PKn,IPS

 Assalamualaikum
Selamat pagi anak-anak Bu guru kls 4e semuanya...
Bagaimana kabar kalian,semoga kita selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Baik anak-anak hari Rabu kemarin kalian sudah belajar tentang mencari kata sulit dalam teks,gaya magnet dan gaya gravitasi,menjelaskan perbedaan karya seni tempel kolase,mozaik,montase dan aplikasi . Pagi  ini kita akan belajar tentang karya seni kolase,montase,mozaik dan aplikasi,gaya gesek,menemukan informasi dalam teks,keragaman dalam kegiatan ekonomi serta menjelaskan sikap dalam keragaman ekonomi. Sebelum kalian menyimak isi materi jangan lupa sholat dhuha dan morojaahnya ya..dan jangan lupa juga sholat 5 waktunya terimakasih...
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Siswa mampu menjelaskan perbedaan dari teknik montase, kolase, mozaik, dan aplikasi dengan benar.
2. Siswa mampu menuliskan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan dengan terperinci.
3.Siswa mampu menjelaskan hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek dengan tepat.
4.Siswa mampu menjelaskan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
5. Setelah membaca teks, siswa mampu  menyebutkan keragaman ekonomi di Indonesia dengan benar.

*SBdP*
KD 3.4 dan 4.4
Menjelaskan Perbedaan Karya Seni Kolase,Montase,Mozaik dan Aplikasi

Kolase, montase, aplikasi, serta mozaik pada dasarnya semuanya merupakan seni rupa yang diciptakan dengan cara menempel. Meski demikian, semuanya mempunyai pengertian yang tidak sama dan acapkali tertukar, bahkan disalahartikan. Karena itu, berikut adalah apa perbedaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik ini.

Perbedaan karya kolase, montase, aplikasi dan mozaik adalah

1. Karya kolase dibuat dengan memadukan beragam bahan seperti kayu, kain, dll, kemudian ditempelkan pada permukaan gambar.

2. Karya montase dibuat dengan menempelkan berbagai gambar jadi, yang setelah itu disusun ulang untuk menjadi bentuk gambar baru.

3. Karya aplikasi dibuat dengan menempelkan bentuk dari bahan tertentu yang umumnya pada kerajinan kain.

4. Karya mozaik dibuat dengan menempelkan berbagai potongan bahan yang lebih kecil dibandingkan bahan pada kolase dan bahan tersebut cuma satu macam saja.

Meski memiliki perbedaan, karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik juga memiliki kesamaan, yaitu semuanya dibuat dengan metode tempel. Semua seni ini merupakan perpaduan dari beberapa seni rupa seperti seni gambar, seni kriya, serta seni dekorasi, dan bisa terdapat pula seni ilustrasi.


*Bahasa Indonesia*
KD 3.7 dan 4.7
Menemukan Informasi Dalam Teks

Dalam menemukan informasi yang terdapat pada teks,terlebih dahulu kita membaca dan memahami isi teks dengan baik. Semua informasi penting tersebut dapat kita temukan dengan menjawab pertanyaan –pertanyaan yang diajukan . Salah satu cara membaca yang baik adalah dengan membaca dalam hati atau tidak bersuara. 

Menyampaikan Informasi Baru Melalui Peta Pikiran

Peta pikiran adalah sebuah diagram yang digunakan untuk menyajikan informasi yang diperoleh dari teks.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19:

1. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir selama minimal 20 detik

2. Selalu mengenakan masker dengan tepat sesuai imbauan WHO saat berada di tempat umum

3. Selalu menjaga jarak minimal 1-2 meter dan menghindari kerumunan saat berada di tempat umum

4. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta hanya keluar rumah atau ke tempat umum jika diperlukan.

Cara mencegah penularan COVID-19 harus diterapkan oleh siapa saja di mana saja, mulai dari membiasakan diri saat di rumah hingga saat berada di tempat umum.


*IPA*
KD 3.3 dan 4.3
Menjelaskan Gaya Gesek dan Kegunaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Gaya gesek adalah gaya yang terjadi jika dua permukaan benda saling bergesekan. Besar kecilnya gaya gesek dipengaruhi oleh permukaan kedua benda yang bergesekan.

Makin  halus permukaan maka gaya gesek akan semakin kecil. Sebaliknya apabila permukaan kasar,maka gaya geseknya semakin besar.

Beberapa gaya gesekan yang menguntungkan sebagai berikut.

1. Gaya gesekan antara alas kaki dengan lantai pada saat berjalan. Jika permukaan lantai atau telapak kaki licin, maka dapat dipastikan orang yang berjalan tersebut akan jatuh tergelincir.

2. Gaya gesekan pada penggunaan rem sepeda atau mobil, yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan tersebut.

3. Gaya gesekan udara saat parasut dikembangkan, dan sebagainya.

Adapun gaya gesekan yang merugikan manusia, misalnya, sebagai berikut.

1. Gaya gesekan pada komponen mesin yang berputar dan bersentuhan satu sama lain. Gaya gesekan ini merugikan karena akan menimbulkan panas dan mesin cepat aus sehingga akan mudah rusak. Cara untuk mengurangi pengaruh gaya gesek ini dengan memberi minyak pelumas pada mesin. 

2. Gaya gesekan antara permukaan ban dengan jalan raya. Pada jalan yang kasar atau tidak rata, gaya gesekan antara roda dengan jalan sangat besar sehingga sulit untuk melaju dengan cepat. Oleh karena itu, pada jalan raya dilapisi dengan aspal supaya halus dan kendaraan dapat melaju dengan cepat.

3. Gaya gesekan udara dengan benda yang begerak. Contohnya mobil balap didesain sedemikian rupa supaya gaya gesekan udara tidak mengurangi kelajuan mobil. Bentuk mobil dengan memperkecil gaya gesekan udara disebut bentuk mobil yang aerodinami


*IPS*
KD 3.2 dan 4.2
Menjelaskan Keragaman Kegiatan Ekonomi di Masyarakat

Indonesia memiliki banyak keragaman selain keragaman suku bangsa Indonesia juga memiliki keragaman kegiatan ekonomi.

Masyarakat melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Kegiatan ekonomi suatu masyarakat disesuaikan oleh kondisi alamnya.


Bidang Kegiatan Ekonomi

1. Pertanian dan Perkebunan

Kegiatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di dataran tinggi,dataran rendah dan pantai. Tanaman yang ditanam juga berbeda-beda,misalnya tanaman teh hanya bisa tumbuh di dataran tinggi.

2. Peternakan dan Perikanan

Kegiatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di dataran tinggi,rendah dan pantai. Hewan yang biasa diternak adalah ikan,ikan lele,ayam,bebek,kambing,sapi.Hewan laut biasanya ditangkap oleh nelayan yaitu ikan kakap, udang,kepiting.Hasil kegiatan ini biasa digunakan sebagai bahan baku untuk industri makanan dan sandang.

3.Kehutanan

Kegiatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah hutan.Tanaman yang biasanya dimanfaatkan adalah rotan,dan jati. Hasil hutan juga biasanya di export untuk menambah devisa negara.


*PPKn*
KD 3.4 dan 4.3
Menjelaskan Sikap Dalam Menjaga keragaman

Sikap yang harus kita miliki dalam menyikapi keragaman yang ada di Indonesia

Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah

Menghargai teman yang berbeda suku

Tidak mengejek teman yang sedang menggunakan bahasa daerahnya.

Namun Keragaman juga dapat menimbulkan perpecahan apabila tidak disikapi dengan bijaksana.Berikut ini adalah contoh sikap yang dapat menimbulkan perpecahan dalam keragaman 

Mengganggu teman saat sedang beribadah

Tidak mau berteman dengan teman yang berbeda suku dan agama

Memaksakan suatu agama atau keyakinan kepada orang lain

Lebih menyukai budaya asing daripada budaya sendiri

Tidak menghormati dan tidak mau bekerjasama dengan warga yang berbeda suku dan agama.

Baik anak-anak setelah kalian menyimak isi materi di atas, bisakah kalian jawab pertanyaan Bu guru ?


**SEBUTKAN 3 CONTOH SIKAP YANG DAPAT MENIMBULKAN  PERPECAHAN DALAM KERAGAMAN?

jawaban dikirim melalui voicenote ke WA buguru ya, ditunggu sampai pukul 13.00 terimakasih 🙏💪

Wassalamualaikum wr.wb

8 komentar:

  1. Assallammuallaikum Bu Guru...
    Nama : Najwa Hasifah Denny
    Kelas : 4e
    Hadir Bu...
    Terima Kasih Atas Materinya😊

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum bu guru
    Nama : M. Fikri All Kasmir
    Kelas : 4E
    No. Absen : 15
    Hadir bu guru
    Terima kasih atas materinya bu guru

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Bu lela
    Nama:M. Azka Sauqi Ramadhan R.
    Kelas:4E
    No.absen:14
    Hadir Bu lela🙋‍♂️🙋‍♂️
    Terima kasih atas materinya Bu lela

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum bu,,
    Nama: Quinsha Sandrica Fellycia
    No.absen:20
    Hadir ya bu....

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum bu
    Nama :M al fahri ramadhan
    Kelas:4E
    Absen:11
    Hadir bu🙏🙏

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum
    Nama:Sarah zahira
    Kelas:4e
    No absen:24
    Hadir bu🙋🙋

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum...
    Nama:dhinea dzakia queenta
    Kelas:4e
    No. Absen:06
    Hadir ya bu🙏

    BalasHapus
  8. Makasih anak2ku atas absen dan commentnya !🙏❤️

    BalasHapus

Materi Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan tema 4

  Perbaikan dan Pengayaan Tema 4 Kelas 4 SD   Assalamualaikum wr.wb Selasa 14 Desember 2021 Tabikpun.... Semangat pagi ananda shaleh shaleha...