Materi Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 2 dan 3 Kelas 4 SD
MATERI AJAR
SUB TEMA 3 : INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU
PEMBELAJARAN : 2 dan 3 Hari / Tanggal : 18 Febuari 2021
Muatan pelajaran : SBdP,B.Indonesia,IPA,PKn,IPS
1.Siswa mampu menjelaskan perbedaan dari teknik montase, kolase, mozaik, dan aplikasi dengan benar.
2. Siswa mampu menuliskan pengetahuan baru yang diperoleh dari teks bacaan dengan terperinci.
3.Siswa mampu menjelaskan hubungan antara tekstur permukaan benda dengan gaya gesek dengan tepat.
4.Siswa mampu menjelaskan manfaat gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
KD 3.4 dan 4.4
Menjelaskan Perbedaan Karya Seni Kolase,Montase,Mozaik dan Aplikasi
Kolase, montase, aplikasi, serta mozaik pada dasarnya semuanya merupakan seni rupa yang diciptakan dengan cara menempel. Meski demikian, semuanya mempunyai pengertian yang tidak sama dan acapkali tertukar, bahkan disalahartikan. Karena itu, berikut adalah apa perbedaan karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik ini.
Perbedaan karya kolase, montase, aplikasi dan mozaik adalah
1. Karya kolase dibuat dengan memadukan beragam bahan seperti kayu, kain, dll, kemudian ditempelkan pada permukaan gambar.
2. Karya montase dibuat dengan menempelkan berbagai gambar jadi, yang setelah itu disusun ulang untuk menjadi bentuk gambar baru.
3. Karya aplikasi dibuat dengan menempelkan bentuk dari bahan tertentu yang umumnya pada kerajinan kain.
4. Karya mozaik dibuat dengan menempelkan berbagai potongan bahan yang lebih kecil dibandingkan bahan pada kolase dan bahan tersebut cuma satu macam saja.
Meski memiliki perbedaan, karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik juga memiliki kesamaan, yaitu semuanya dibuat dengan metode tempel. Semua seni ini merupakan perpaduan dari beberapa seni rupa seperti seni gambar, seni kriya, serta seni dekorasi, dan bisa terdapat pula seni ilustrasi.
KD 3.7 dan 4.7
Dalam menemukan informasi yang terdapat pada teks,terlebih dahulu kita membaca dan memahami isi teks dengan baik. Semua informasi penting tersebut dapat kita temukan dengan menjawab pertanyaan –pertanyaan yang diajukan . Salah satu cara membaca yang baik adalah dengan membaca dalam hati atau tidak bersuara.
Peta pikiran adalah sebuah diagram yang digunakan untuk menyajikan informasi yang diperoleh dari teks.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19:
1. Selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir selama minimal 20 detik
2. Selalu mengenakan masker dengan tepat sesuai imbauan WHO saat berada di tempat umum
3. Selalu menjaga jarak minimal 1-2 meter dan menghindari kerumunan saat berada di tempat umum
4. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta hanya keluar rumah atau ke tempat umum jika diperlukan.
Cara mencegah penularan COVID-19 harus diterapkan oleh siapa saja di mana saja, mulai dari membiasakan diri saat di rumah hingga saat berada di tempat umum.
KD 3.3 dan 4.3
Menjelaskan Gaya Gesek dan Kegunaan dalam Kehidupan Sehari-hari
Gaya gesek adalah gaya yang terjadi jika dua permukaan benda saling bergesekan. Besar kecilnya gaya gesek dipengaruhi oleh permukaan kedua benda yang bergesekan.
Makin halus permukaan maka gaya gesek akan semakin kecil. Sebaliknya apabila permukaan kasar,maka gaya geseknya semakin besar.
Beberapa gaya gesekan yang menguntungkan sebagai berikut.
1. Gaya gesekan antara alas kaki dengan lantai pada saat berjalan. Jika permukaan lantai atau telapak kaki licin, maka dapat dipastikan orang yang berjalan tersebut akan jatuh tergelincir.
2. Gaya gesekan pada penggunaan rem sepeda atau mobil, yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan tersebut.
3. Gaya gesekan udara saat parasut dikembangkan, dan sebagainya.
Adapun gaya gesekan yang merugikan manusia, misalnya, sebagai berikut.
1. Gaya gesekan pada komponen mesin yang berputar dan bersentuhan satu sama lain. Gaya gesekan ini merugikan karena akan menimbulkan panas dan mesin cepat aus sehingga akan mudah rusak. Cara untuk mengurangi pengaruh gaya gesek ini dengan memberi minyak pelumas pada mesin.
2. Gaya gesekan antara permukaan ban dengan jalan raya. Pada jalan yang kasar atau tidak rata, gaya gesekan antara roda dengan jalan sangat besar sehingga sulit untuk melaju dengan cepat. Oleh karena itu, pada jalan raya dilapisi dengan aspal supaya halus dan kendaraan dapat melaju dengan cepat.
3. Gaya gesekan udara dengan benda yang begerak. Contohnya mobil balap didesain sedemikian rupa supaya gaya gesekan udara tidak mengurangi kelajuan mobil. Bentuk mobil dengan memperkecil gaya gesekan udara disebut bentuk mobil yang aerodinami
KD 3.2 dan 4.2
Menjelaskan Keragaman Kegiatan Ekonomi di Masyarakat
Indonesia memiliki banyak keragaman selain keragaman suku bangsa Indonesia juga memiliki keragaman kegiatan ekonomi.
Masyarakat melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.Kegiatan ekonomi suatu masyarakat disesuaikan oleh kondisi alamnya.
Bidang Kegiatan Ekonomi
1. Pertanian dan Perkebunan
Kegiatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di dataran tinggi,dataran rendah dan pantai. Tanaman yang ditanam juga berbeda-beda,misalnya tanaman teh hanya bisa tumbuh di dataran tinggi.
2. Peternakan dan Perikanan
Kegiatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di dataran tinggi,rendah dan pantai. Hewan yang biasa diternak adalah ikan,ikan lele,ayam,bebek,kambing,sapi.Hewan laut biasanya ditangkap oleh nelayan yaitu ikan kakap, udang,kepiting.Hasil kegiatan ini biasa digunakan sebagai bahan baku untuk industri makanan dan sandang.
3.Kehutanan
Kegiatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah hutan.Tanaman yang biasanya dimanfaatkan adalah rotan,dan jati. Hasil hutan juga biasanya di export untuk menambah devisa negara.
KD 3.4 dan 4.3
Menjelaskan Sikap Dalam Menjaga keragaman
Sikap yang harus kita miliki dalam menyikapi keragaman yang ada di Indonesia
• Tidak mengganggu teman yang sedang beribadah
• Menghargai teman yang berbeda suku
• Tidak mengejek teman yang sedang menggunakan bahasa daerahnya.
Namun Keragaman juga dapat menimbulkan perpecahan apabila tidak disikapi dengan bijaksana.Berikut ini adalah contoh sikap yang dapat menimbulkan perpecahan dalam keragaman
• Mengganggu teman saat sedang beribadah
• Tidak mau berteman dengan teman yang berbeda suku dan agama
• Memaksakan suatu agama atau keyakinan kepada orang lain
• Lebih menyukai budaya asing daripada budaya sendiri
• Tidak menghormati dan tidak mau bekerjasama dengan warga yang berbeda suku dan agama.
Baik anak-anak setelah kalian menyimak isi materi di atas, bisakah kalian jawab pertanyaan Bu guru ?
**SEBUTKAN 3 CONTOH SIKAP YANG DAPAT MENIMBULKAN PERPECAHAN DALAM KERAGAMAN?
jawaban dikirim melalui voicenote ke WA buguru ya, ditunggu sampai pukul 13.00 terimakasih 🙏💪
Wassalamualaikum wr.wb
Assallammuallaikum Bu Guru...
BalasHapusNama : Najwa Hasifah Denny
Kelas : 4e
Hadir Bu...
Terima Kasih Atas Materinya😊
Assalamualaikum bu guru
BalasHapusNama : M. Fikri All Kasmir
Kelas : 4E
No. Absen : 15
Hadir bu guru
Terima kasih atas materinya bu guru
Assalamualaikum Bu lela
BalasHapusNama:M. Azka Sauqi Ramadhan R.
Kelas:4E
No.absen:14
Hadir Bu lela🙋♂️🙋♂️
Terima kasih atas materinya Bu lela
Assalamualaikum bu,,
BalasHapusNama: Quinsha Sandrica Fellycia
No.absen:20
Hadir ya bu....
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama :M al fahri ramadhan
Kelas:4E
Absen:11
Hadir bu🙏🙏
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama:Sarah zahira
Kelas:4e
No absen:24
Hadir bu🙋🙋
Assalamu'alaikum...
BalasHapusNama:dhinea dzakia queenta
Kelas:4e
No. Absen:06
Hadir ya bu🙏
Makasih anak2ku atas absen dan commentnya !🙏❤️
BalasHapus