*B. Indonesia*
Benda ada juga yang terbuat dari plastik,plastik memiliki banyak manfaat juga menghasilkan masalah dalam kehidupan manusia. Manfaat barang-barang dari plastik, seperti ember, jas hujan dll, malah lebih awet dan tahan/kedap air. Sedangkan masalah yang di timbulkan sampah plastik sangat sulit atau lama terurai sehingga diperlukan cara lain yaitu dengan mendaur ulang sampah plastik.Dari teks tentang proses daur ulang, dapat ditemukan kosakata dan makna baru.
Contoh soal:
-Mencari dan memahami makna kosakata baru dari teks!
*PKN*
Bermusyawarah tentang menyelesaikan atau menanggulangi atau mencegah menumpuknya sampah plastik di lingkungan sekitar kita. Berdiskusi merupakan pengalaman sila pancasila keempat yang berlambang kepala banteng
Contoh soal:
-Memberi saran atau cara penanggulangan masalah kehidupan sehari-hari.
Kamis, 19 September 2019
Rabu, 18 September 2019
Pembelajaran 3
*SBDP*
Menggunakan contoh alat musik ritmis yang di temukan di kelas, seperti ember, baskom, meja dan lain-lainnya untuk menghasilkan bunyi atau suara.
Contoh soal :
-Praktek menghasilkan bunyi dengan memukul benda2 yg ada di kelas.
*B. Indonesia*
Beberapa benda di sekitar kita terbuat dari kertas, kertas berasal dari tumbuhan yaitu serat kayu/pohon.serat kayu di potong kecil dan di panaskan hingga menjadi pulp(bubur kertas, di beri warna,dipipihkan,di panaskan hingga kandungan airnya habis dan siap dicetak untuk menjadi lembaran kertas.
Contoh soal :
Menuliskan daftar nama benda yang terbuat dari kertas
*Matematika*
Membandingkan lebih besar>< , lebih rendah, dan lebih panjang><lebih pendek berdasarkan gambar maupun soal cerita.
Mengenal alat ukur panjang,
Contoh :
Meteran saku, meteran pita, meteran rol
Meteran tersebut dapat mengukur panjang/pendeknya pohon,panjang pendeknya meja dll.
Menggunakan contoh alat musik ritmis yang di temukan di kelas, seperti ember, baskom, meja dan lain-lainnya untuk menghasilkan bunyi atau suara.
Contoh soal :
-Praktek menghasilkan bunyi dengan memukul benda2 yg ada di kelas.
*B. Indonesia*
Beberapa benda di sekitar kita terbuat dari kertas, kertas berasal dari tumbuhan yaitu serat kayu/pohon.serat kayu di potong kecil dan di panaskan hingga menjadi pulp(bubur kertas, di beri warna,dipipihkan,di panaskan hingga kandungan airnya habis dan siap dicetak untuk menjadi lembaran kertas.
Contoh soal :
Menuliskan daftar nama benda yang terbuat dari kertas
*Matematika*
Membandingkan lebih besar>< , lebih rendah, dan lebih panjang><lebih pendek berdasarkan gambar maupun soal cerita.
Mengenal alat ukur panjang,
Contoh :
Meteran saku, meteran pita, meteran rol
Meteran tersebut dapat mengukur panjang/pendeknya pohon,panjang pendeknya meja dll.
Selasa, 17 September 2019
Pembelajaran 2
*B. Indonesia*
Mengetahui nama - nama benda dan kegunaannya( benda yang ada dilingkungan sekitar)
Contoh soal :
Membuat daftar benda di kelas dan fungsinya.
*PKN*
Banyak benda mati dilingkungan sekitar yang dihasilkan dari makhluk hidup ( benda hidup) seperti pohon.
Menyelesaikan masalah yang muncul dari aktivitas manusia dalam mengolah alam sebagai wujud permusyawaratan sila pancasila ke empat dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari - hari.
Mengetahui guna / manfaat musyawarah ialah menyelesaikan masalah atau mencapai mufakat, ciri musyawarah di lakukan secara bersama - sama, setiap individu setiap individu menyampaikan pendapatanya ,
Menyampaikan pedapat dengan santun, dan menerima segala hasil keputusan musyawarah.
Contoh soal :
Mendiskusikan suatu masalah yang muncul pada teks bacaan! Dan menjawab pertanyaan sesuai teks.
Mengetahui nama - nama benda dan kegunaannya( benda yang ada dilingkungan sekitar)
Contoh soal :
Membuat daftar benda di kelas dan fungsinya.
*PKN*
Banyak benda mati dilingkungan sekitar yang dihasilkan dari makhluk hidup ( benda hidup) seperti pohon.
Menyelesaikan masalah yang muncul dari aktivitas manusia dalam mengolah alam sebagai wujud permusyawaratan sila pancasila ke empat dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari - hari.
Mengetahui guna / manfaat musyawarah ialah menyelesaikan masalah atau mencapai mufakat, ciri musyawarah di lakukan secara bersama - sama, setiap individu setiap individu menyampaikan pendapatanya ,
Menyampaikan pedapat dengan santun, dan menerima segala hasil keputusan musyawarah.
Contoh soal :
Mendiskusikan suatu masalah yang muncul pada teks bacaan! Dan menjawab pertanyaan sesuai teks.
Senin, 16 September 2019
Tema 3 subtema 1
B.Indonesia
Membedakan benda dengan bukan benda, benda adalah segala sesuatu yang memiliki ukuran, bentuk dan warna. Dalam hal ukuran ada beberapa kategori antara lain besar><kecil, panjang>< pendek. Bentuk terdiri dari berbagai macam bentuk bangun datar maupun bangun ruang datar maupun bangun ruang. Dan warna terdiri berbagai spektrum warna.
Contoh soal :
-Mengelompokkan jenis-jenis benda
* SBDP*
Benda dilingkungan sekitar terdapat bendayang dapat menghasilkan bunyi, ada bunyi yang menghasilkan nada/irama yang beraturan dan ada yang tidak beraturan. Yang tidak beraturan biasanya dihasilkan oleh benda atau alat 🎶 yang di sebut Ritmis. Berikut nama macam2 pola ketukan yang dihasilkan dari suatu bunyi.
Contoh soal :
Menggunakan tepukan tangan untuk mengikuti pola irama ketukan.
*Matematika*
Mengenal satuan panjang tidak baku dan baku. Satuan tidak baku: jengkal,heksa,dan depa. Satuan baku dari penggaris (cm) dan meteran (m)
Contoh soal :
Mengukur benda di kelas dengan menggunakan penggaris.
Membedakan benda dengan bukan benda, benda adalah segala sesuatu yang memiliki ukuran, bentuk dan warna. Dalam hal ukuran ada beberapa kategori antara lain besar><kecil, panjang>< pendek. Bentuk terdiri dari berbagai macam bentuk bangun datar maupun bangun ruang datar maupun bangun ruang. Dan warna terdiri berbagai spektrum warna.
Contoh soal :
-Mengelompokkan jenis-jenis benda
* SBDP*
Benda dilingkungan sekitar terdapat bendayang dapat menghasilkan bunyi, ada bunyi yang menghasilkan nada/irama yang beraturan dan ada yang tidak beraturan. Yang tidak beraturan biasanya dihasilkan oleh benda atau alat 🎶 yang di sebut Ritmis. Berikut nama macam2 pola ketukan yang dihasilkan dari suatu bunyi.
Contoh soal :
Menggunakan tepukan tangan untuk mengikuti pola irama ketukan.
*Matematika*
Mengenal satuan panjang tidak baku dan baku. Satuan tidak baku: jengkal,heksa,dan depa. Satuan baku dari penggaris (cm) dan meteran (m)
Contoh soal :
Mengukur benda di kelas dengan menggunakan penggaris.
Minggu, 15 September 2019
Pembelajaran 6
*B. Indonesia*
Membaca cerita pengalaman Aryo 'Rekreasi ke Kebun Binatang'
Saat berada di kebun binatang, pengunjung bisa mengajukan beberapa pertanyaan kepada petugas berkaitan dengan kebun binatang.
Berikut adalah contoh daftar pertanyaan yang bisa di ajukan.
1.Sejak kapan kebun binatang ini berdiri?
2.Apa tugas bapak di kebun binatang ini?
3.Binatang apa saja yang ada di sini?
4.Adakah binatang langka yang dipelihara di sini?
5.Bagaimana perawatan hewan-hewan yang ada di sini?
Contoh soal :
Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan di atas :
1.Kapan Aryo berekreasi ke kebun binatang?
2.Mengapa Aryo merasa senang dapat pergi ke kebun binatang ?
3.Pukul berapa Aryo dan keluarga pergi ke kebun binatang?
4.Apasaja yang Aryo lakukan di kebun binatang?
5.Apa manfaat mengunjungi kebun binatang?
*PKN*
Untuk dapat menjadi kelompok terbaik, kerjasama yang baik dari setiap anggota kelompok sangat di butuhkan.Melaksanakan peran masing-masing dengan baik adalah salah satu contoh kerjasama yang baik.Ada banyak peran dalam kehidupan sehari-hari.Kerjasama yang baik dari setiap peran sangat di butuhkan agar kehidupan berjalan dengan baik.
Ada orang yang berperan sebagai pelajar,tugasnya menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh.Ada yang berperan sebagai guru,tugasnya mengajarkan ilmu dengan baik. Ada petugas keamanan lingkungan, tugasnya menjaga keamanan lingkungan.
Contoh soal :
1.Cobalah cari tahu peran orang-orang yang ada di sekitarmu!
2.Tanyakan, apa peran dan tugasnya?
3. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada tempat yang tersedia!
*Matematika *
Seorang pengusaha memperkerjakan 4 petani untuk mengolah tanah perkebunannya. Pengusaha tersebut membagi tanah menjadi 16 bagian sama besar
- petani A bertugas menanam tomat pada?...... bagian tanah.
- petani B bertugas menanam sayur bayam pada 3 bagian tanah.
- petani c bertugas menanam cabai pada 2 bagian tanah.
- petani d bertugas menanam bunga pada 4 bagian tanah.
Contoh soal :
- tanah yang ditanami tomat terdiri
dari 7 bagian. ditulis dalam pecahan....
-Tanah yang di tanami sayur bayam terdiri dari 3 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah........
-Tanah yang ditanami cabai terdiri dari 2 bagian, ditulis dalam pecahan adalah....
-Tanah yang di tanami bunga terdiri dari 4 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah...
Membaca cerita pengalaman Aryo 'Rekreasi ke Kebun Binatang'
Saat berada di kebun binatang, pengunjung bisa mengajukan beberapa pertanyaan kepada petugas berkaitan dengan kebun binatang.
Berikut adalah contoh daftar pertanyaan yang bisa di ajukan.
1.Sejak kapan kebun binatang ini berdiri?
2.Apa tugas bapak di kebun binatang ini?
3.Binatang apa saja yang ada di sini?
4.Adakah binatang langka yang dipelihara di sini?
5.Bagaimana perawatan hewan-hewan yang ada di sini?
Contoh soal :
Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan di atas :
1.Kapan Aryo berekreasi ke kebun binatang?
2.Mengapa Aryo merasa senang dapat pergi ke kebun binatang ?
3.Pukul berapa Aryo dan keluarga pergi ke kebun binatang?
4.Apasaja yang Aryo lakukan di kebun binatang?
5.Apa manfaat mengunjungi kebun binatang?
*PKN*
Untuk dapat menjadi kelompok terbaik, kerjasama yang baik dari setiap anggota kelompok sangat di butuhkan.Melaksanakan peran masing-masing dengan baik adalah salah satu contoh kerjasama yang baik.Ada banyak peran dalam kehidupan sehari-hari.Kerjasama yang baik dari setiap peran sangat di butuhkan agar kehidupan berjalan dengan baik.
Ada orang yang berperan sebagai pelajar,tugasnya menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh.Ada yang berperan sebagai guru,tugasnya mengajarkan ilmu dengan baik. Ada petugas keamanan lingkungan, tugasnya menjaga keamanan lingkungan.
Contoh soal :
1.Cobalah cari tahu peran orang-orang yang ada di sekitarmu!
2.Tanyakan, apa peran dan tugasnya?
3. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada tempat yang tersedia!
*Matematika *
Seorang pengusaha memperkerjakan 4 petani untuk mengolah tanah perkebunannya. Pengusaha tersebut membagi tanah menjadi 16 bagian sama besar
- petani A bertugas menanam tomat pada?...... bagian tanah.
- petani B bertugas menanam sayur bayam pada 3 bagian tanah.
- petani c bertugas menanam cabai pada 2 bagian tanah.
- petani d bertugas menanam bunga pada 4 bagian tanah.
Contoh soal :
- tanah yang ditanami tomat terdiri
dari 7 bagian. ditulis dalam pecahan....
-Tanah yang di tanami sayur bayam terdiri dari 3 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah........
-Tanah yang ditanami cabai terdiri dari 2 bagian, ditulis dalam pecahan adalah....
-Tanah yang di tanami bunga terdiri dari 4 bagian. Ditulis dalam pecahan adalah...
Kamis, 12 September 2019
Pembelajaran 5
*B. Indonesia*
Menyayangi hewan dengan cara memeliharanya adalah hal yang menyenangkan. Hewan juga bisa dilatih untuk bisa melakukan berbagai kegiatanseperti berbaris, mengendarai sepeda,dan menari. Kita dapat melihat hewan2 yabg terlatih itu dalam sebuah pertunjukan sirkus. Tidak hanya hewan yang jinak,hewan buaspun dilatih agar bisa ikut pertunjukan.
1.Tes tertulis....
2.ceritakan tentang hewan peliharaanmu di rumah!
3.Buatlah akhir dari cerita tersebut sesuai imajinasimu!
4.Sebutkan tokoh yang ada dalam cerita dongeng dan sifatnya!
*Matematika*
Pecahan 1/2,2/4, dan 4/8 memiliki perbedaan bilangan pembilang dan penyebut akan tetapi, 1/2 senilai dengan 2/4
1/2 juga senilai dengan 4/8. 1/2,2/4,dan 4/8 adalah pecahan senilai
Contoh soal:
1.Cobalah berlatih menuliskan pecahan yang senilai dengan 2/3 !
2.Gambarlah sebuah kotak panjang lalu bagilah menjadi 4 bagian yang sama besar. Warnailah satu kotak pertama!
3.Apa yang dapat kamu simpulkan dari bagian kotak yang di warnai?
Menyayangi hewan dengan cara memeliharanya adalah hal yang menyenangkan. Hewan juga bisa dilatih untuk bisa melakukan berbagai kegiatanseperti berbaris, mengendarai sepeda,dan menari. Kita dapat melihat hewan2 yabg terlatih itu dalam sebuah pertunjukan sirkus. Tidak hanya hewan yang jinak,hewan buaspun dilatih agar bisa ikut pertunjukan.
1.Tes tertulis....
2.ceritakan tentang hewan peliharaanmu di rumah!
3.Buatlah akhir dari cerita tersebut sesuai imajinasimu!
4.Sebutkan tokoh yang ada dalam cerita dongeng dan sifatnya!
*Matematika*
Pecahan 1/2,2/4, dan 4/8 memiliki perbedaan bilangan pembilang dan penyebut akan tetapi, 1/2 senilai dengan 2/4
1/2 juga senilai dengan 4/8. 1/2,2/4,dan 4/8 adalah pecahan senilai
Contoh soal:
1.Cobalah berlatih menuliskan pecahan yang senilai dengan 2/3 !
2.Gambarlah sebuah kotak panjang lalu bagilah menjadi 4 bagian yang sama besar. Warnailah satu kotak pertama!
3.Apa yang dapat kamu simpulkan dari bagian kotak yang di warnai?
Rabu, 11 September 2019
Pembelajaran 4
B. Indonesia *
Cara merawat hewan
Beni suka memelihara ikan.
Ikan di pelihara dalam akuarium.
Sebutkan hal yang perlu di perhatikan dalam merawat ikan peliharaan!
1.Setiap hari ikan di beri makan
2.Ikan di masukkan ke dalam akuarium
3.air minimal satu kali seminggu di ganti.
Contoh ikan peliharaan dari akuarium!
-ikan mas koki, ikan arwana dsb!
*PKN*
Tahukah kamu apa sebutan untuk orang yang profesinya menangkap ikan?
Nelayan adalah panggilan terhadap orang yang bekerja menangkap ikan setiap hari. Mereka biasanya tinggal di daerah pesisir pantai. Nelayan menggukan jaring untuk menangkap ikan di laut, Lalu menjual hasil tangkapannya kepada pedagang ikan.
Menangkap ikan sebaiknya menggunakan jaring agar hanya ikan besar saja yang twrtangkap. Orang yang tidak menyayangi hewan laut, terkadang menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan. Menangkap ikan menggunakan bahan peledak,akan merusak makhluk laut lainnya.
Contoh soal:
1.Apakah profesi orang yang suka menangkap ikan di laut?
2.Apakah profesi orang yang suka menjual ikan di pasar?
Cara merawat hewan
Beni suka memelihara ikan.
Ikan di pelihara dalam akuarium.
Sebutkan hal yang perlu di perhatikan dalam merawat ikan peliharaan!
1.Setiap hari ikan di beri makan
2.Ikan di masukkan ke dalam akuarium
3.air minimal satu kali seminggu di ganti.
Contoh ikan peliharaan dari akuarium!
-ikan mas koki, ikan arwana dsb!
*PKN*
Tahukah kamu apa sebutan untuk orang yang profesinya menangkap ikan?
Nelayan adalah panggilan terhadap orang yang bekerja menangkap ikan setiap hari. Mereka biasanya tinggal di daerah pesisir pantai. Nelayan menggukan jaring untuk menangkap ikan di laut, Lalu menjual hasil tangkapannya kepada pedagang ikan.
Menangkap ikan sebaiknya menggunakan jaring agar hanya ikan besar saja yang twrtangkap. Orang yang tidak menyayangi hewan laut, terkadang menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan. Menangkap ikan menggunakan bahan peledak,akan merusak makhluk laut lainnya.
Contoh soal:
1.Apakah profesi orang yang suka menangkap ikan di laut?
2.Apakah profesi orang yang suka menjual ikan di pasar?
Selasa, 10 September 2019
Pembelajaran 3
B. Indonesia
Udin senang memelihara ayam. Udin sangat menyayangi ayam peliharaannya. Setiap hari, Udin selalu memberi makan dan minum. Udin juga rajin membersihkan kandang ayam. Ayam peliharaan Udin bersih dan sehat.
*Petunjuk merawat anak ayam*
-Pilihlah anak ayam yang sehat
-Banyaknya ayam cukup 2 sampai 5 ekor
-Siapkan kandang sederhana menggunakan kardus bekas.
-Beri alas jerami atau kertas koran agar kandang mudah di bersihkan.
Contoh soal :
1.Bagaimana cara merawat anak ayam yang baik dan benar ?
2.Berapa jumlah anak ayam yang ideal untuk di pelihara ?
3.Sebaiknya berasal dari apakah bahan yang baik untuk di buat kandang?
4.Sebaiknya supaya kandang tetap bersih di alasi dengan apa?
*SBDP*
Membuat boneka anak ayam dari kardus bekas:
Alat dan bahan
-kardus bekas
-kapas warna putih atau bulu ayam dari kemoceng
- lem kertas
- gunting
- stik es krim/bambu
- pensil/pulpen
Contoh soal :
1.Bagaimanakah cara menbuat boneka anak ayam?
2.Bahan apasaja yang harus disiapkan?
*Matematika*
-Udin senang sekali makan telor goreng.
Siti senang sekali makan telur dadar.
Ibu seringkali menggunakan telur untuk membuat kue bolu.
-Siti dan teman2 mengerjakan tugas bersama di rumah Udin.
Ibu udin menyiapkan kue untuk mereka. Ibu memotong kue sama besar. Dalam lambang pecahan,ditulis 1/10
Contoh soal:
*Gambarlah ke dalam pecahan!
-1/2
- 4/8
- 2/6
- 4/5
Udin senang memelihara ayam. Udin sangat menyayangi ayam peliharaannya. Setiap hari, Udin selalu memberi makan dan minum. Udin juga rajin membersihkan kandang ayam. Ayam peliharaan Udin bersih dan sehat.
*Petunjuk merawat anak ayam*
-Pilihlah anak ayam yang sehat
-Banyaknya ayam cukup 2 sampai 5 ekor
-Siapkan kandang sederhana menggunakan kardus bekas.
-Beri alas jerami atau kertas koran agar kandang mudah di bersihkan.
Contoh soal :
1.Bagaimana cara merawat anak ayam yang baik dan benar ?
2.Berapa jumlah anak ayam yang ideal untuk di pelihara ?
3.Sebaiknya berasal dari apakah bahan yang baik untuk di buat kandang?
4.Sebaiknya supaya kandang tetap bersih di alasi dengan apa?
*SBDP*
Membuat boneka anak ayam dari kardus bekas:
Alat dan bahan
-kardus bekas
-kapas warna putih atau bulu ayam dari kemoceng
- lem kertas
- gunting
- stik es krim/bambu
- pensil/pulpen
Contoh soal :
1.Bagaimanakah cara menbuat boneka anak ayam?
2.Bahan apasaja yang harus disiapkan?
*Matematika*
-Udin senang sekali makan telor goreng.
Siti senang sekali makan telur dadar.
Ibu seringkali menggunakan telur untuk membuat kue bolu.
-Siti dan teman2 mengerjakan tugas bersama di rumah Udin.
Ibu udin menyiapkan kue untuk mereka. Ibu memotong kue sama besar. Dalam lambang pecahan,ditulis 1/10
Contoh soal:
*Gambarlah ke dalam pecahan!
-1/2
- 4/8
- 2/6
- 4/5
Senin, 09 September 2019
Pembelajaran 2
*B. Indonesia*
Petunjuk cara merawat kelinci
-Memilih kelinci yang berumur cukup untuk di pelihara, biasanya berumur sekitar 2 bulan.
-Siapkan kandang untuk tempat tinggal kelinci.
-Kandang kelinci sebaiknya di buat sesuai ukuran badan kelinci.
-Bahan kandang sebaiknya terbuat dari kayu.
-Kandang diberi alas jerami agar mudah dibersihkan.
-Kandang dibersihkan setiap dua hari sekali.
-Cuci tangan dengan sabun setelah membersihkan kandang.
Contoh soal :
1.Apa bahan yang paling baik digunakan untuk membuat kandang kelinci ?
2.Apa jenis alas yang harus ada pada
kandang supaya mudah dibersihkan?
3. Berapa kali sebaiknya kandang dibersihkan?
4.Mengapa kita harus mencuci tangan setelah membersihkan kandang kelinci.
*Pkn*
Dayu dan keluarga sangat menyayangi hewan peliharaan.
Semua berbagi tugas untuk merawat hewan peliharaan.
Setiap anggota keluarga Dayu memiliki peran dan tugas yg berbeda-beda dalam memelihara hewan peliharaan. Bekerja sama dalam merawat hewan peliharaan, membuat pekerjaan menjadi lebih ringan.
Contoh soal :
1.Ayah bertugas....
2.ibu bertugas.....
3.Aku bertugas....
Petunjuk cara merawat kelinci
-Memilih kelinci yang berumur cukup untuk di pelihara, biasanya berumur sekitar 2 bulan.
-Siapkan kandang untuk tempat tinggal kelinci.
-Kandang kelinci sebaiknya di buat sesuai ukuran badan kelinci.
-Bahan kandang sebaiknya terbuat dari kayu.
-Kandang diberi alas jerami agar mudah dibersihkan.
-Kandang dibersihkan setiap dua hari sekali.
-Cuci tangan dengan sabun setelah membersihkan kandang.
Contoh soal :
1.Apa bahan yang paling baik digunakan untuk membuat kandang kelinci ?
2.Apa jenis alas yang harus ada pada
kandang supaya mudah dibersihkan?
3. Berapa kali sebaiknya kandang dibersihkan?
4.Mengapa kita harus mencuci tangan setelah membersihkan kandang kelinci.
*Pkn*
Dayu dan keluarga sangat menyayangi hewan peliharaan.
Semua berbagi tugas untuk merawat hewan peliharaan.
Setiap anggota keluarga Dayu memiliki peran dan tugas yg berbeda-beda dalam memelihara hewan peliharaan. Bekerja sama dalam merawat hewan peliharaan, membuat pekerjaan menjadi lebih ringan.
Contoh soal :
1.Ayah bertugas....
2.ibu bertugas.....
3.Aku bertugas....
Minggu, 08 September 2019
Tema 2 subtema 4, pembelajaran 1
*Bahasa Indonesia*
Indonesia kaya akan ragam hewan dan tumbuhan. Berbagai hewan langkapun ada di indonesia, di antaranya adalah burung burung cendrawasih dan komodo. Kita patut brsyukur berada di negara yang indah dan kaya. Menjaga dan melestarikannya adalah bentuk syukur kita kepadanya.Dayu senang memelihara kelinci. Kelinci peliharaan Dayu ada lima ekor, terdiri dari satu ekor induk dan empat anaknya. Induk kelinci bwrwarna putih, dua lainnya berwarna abu-abu.
Contoh soal :
1.Apa yang dilakukan Dayu?
2.Siapa yang senang memelihara kelinci?
3.Berapa banyak kelinci yang dipelihara Dayu?
4.Apa saja makanan yang di sukai kelinci?
*Matematika*
Kelinci peliharaan Dayu sangat suka makan wortel. Setiap kali makan, kelinci bisa menghabiskan setengah bagian wortel. Setengah dalam matematika dapat ditulis 1/2, dan penulisan tersebut dinamakan bilangan pecahan.
Contoh soal :
Buatlah ke dalam gambar pecahan !
1.1/2 gambar pecahannya adalah?....
2.2/5 gambar pecahannya adalah?....
3.4/6 gambar pecahannya adalah?....
*Sbdp*
Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang disukai kelinci. Wortel merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang berwarna jingga. Wortel juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mata. Tuhan sangat mencintai orang yang menyayangi diri dan makhluk di lingkungan sekitarnya.
Contoh soal :
1.Buatlah gambar wortel dengan potongan kertas yang berwarna hijau dan jingga!
2.potonglah terlebih dahulu kertas berwar
na jingga dan hijau menjadi potongan2
Kecil!
3.Tempelkan potongan kertas tersebut sampai memenuhi gambar wortel!
Indonesia kaya akan ragam hewan dan tumbuhan. Berbagai hewan langkapun ada di indonesia, di antaranya adalah burung burung cendrawasih dan komodo. Kita patut brsyukur berada di negara yang indah dan kaya. Menjaga dan melestarikannya adalah bentuk syukur kita kepadanya.Dayu senang memelihara kelinci. Kelinci peliharaan Dayu ada lima ekor, terdiri dari satu ekor induk dan empat anaknya. Induk kelinci bwrwarna putih, dua lainnya berwarna abu-abu.
Contoh soal :
1.Apa yang dilakukan Dayu?
2.Siapa yang senang memelihara kelinci?
3.Berapa banyak kelinci yang dipelihara Dayu?
4.Apa saja makanan yang di sukai kelinci?
*Matematika*
Kelinci peliharaan Dayu sangat suka makan wortel. Setiap kali makan, kelinci bisa menghabiskan setengah bagian wortel. Setengah dalam matematika dapat ditulis 1/2, dan penulisan tersebut dinamakan bilangan pecahan.
Contoh soal :
Buatlah ke dalam gambar pecahan !
1.1/2 gambar pecahannya adalah?....
2.2/5 gambar pecahannya adalah?....
3.4/6 gambar pecahannya adalah?....
*Sbdp*
Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang disukai kelinci. Wortel merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang berwarna jingga. Wortel juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mata. Tuhan sangat mencintai orang yang menyayangi diri dan makhluk di lingkungan sekitarnya.
Contoh soal :
1.Buatlah gambar wortel dengan potongan kertas yang berwarna hijau dan jingga!
2.potonglah terlebih dahulu kertas berwar
na jingga dan hijau menjadi potongan2
Kecil!
3.Tempelkan potongan kertas tersebut sampai memenuhi gambar wortel!
Kamis, 05 September 2019
Pembelajaran 6
PKN
Dalam menjalankan tugas sesuai perannya masing-masing dalam keluarga, salah satunya tugas/kewajiban anak dalam keluarga adalah membantu orang tua.
Contoh soal :
1.Apa yang di maksud dengan kewajiban?
2.Apasaja tugas anak dalam keluarga?
B. Indonesia
Sebelum melakukan wawancara terlebih dahulu di tulis daftar pertanyaan yang akan di ajukan kepada narasumber.
Contoh soal :
1.Siapakah nama/narasumber yang Akan kita wawancara?
2.Mengapa perlu menanam apotek hidup?
Dalam menjalankan tugas sesuai perannya masing-masing dalam keluarga, salah satunya tugas/kewajiban anak dalam keluarga adalah membantu orang tua.
Contoh soal :
1.Apa yang di maksud dengan kewajiban?
2.Apasaja tugas anak dalam keluarga?
B. Indonesia
Sebelum melakukan wawancara terlebih dahulu di tulis daftar pertanyaan yang akan di ajukan kepada narasumber.
Contoh soal :
1.Siapakah nama/narasumber yang Akan kita wawancara?
2.Mengapa perlu menanam apotek hidup?
Langganan:
Postingan (Atom)
Materi Pembelajaran Perbaikan & Pengayaan tema 4
Perbaikan dan Pengayaan Tema 4 Kelas 4 SD Assalamualaikum wr.wb Selasa 14 Desember 2021 Tabikpun.... Semangat pagi ananda shaleh shaleha...
-
Taksiran dalam bentuk soal cerita Hari/Tanggal : Jumat, 3 September 2021 Kelas : 4 D Bab ...
-
PH Tema 1 Subtema 3 Kamis 12 Agustus 2021 Penilaian Harian/Ulangan Harian Tema 1 Subtema 3 Kelas 4 SD Hari/Tanggal : Kamis, 12 Ag...