بسم الله الرحمن الرحيم
Kelas : IV
Hari / tanggal : Kamis, 22 April 2021
Tema : Kayanya Negriku
Subtema : Kekayaan Sumber energi di Indonesia
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan Pembelajaran : IPA, B.INDONESIA, PPKN
-
IPA
Menjelaskan
Manfaat Energi Matahari bagi Kehidupan
Pada
pembelajaran sebelumnya, kita mengetahui bahwa di alam terdapat sumber energi
yang dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui. Sumber energi yang dapat
diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis walau digunakan secara
terus menerus. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber
energi yang akan habis jika digunakan terus menerus.
Perhatikan nama-nama sumber energi
berikut! Diskusikan dengan teman sebelahmu apa saja yang termasuk sumber energi
dapat diperbarui dan tidak dapat diperbarui!
-
Bahasa Indonesia
Menjelaskan
Hal-Hal yang perlu diperhatikan Saat Wawancara
Pada pelajaran sebelumnya, kita telah mengetahui Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan wawancara. Saat melakukan wawancara dengan seseorang narasumber, kita juga perlu memperhatikan sikap. Misalnya, menggunakan Bahasa baku, santun, menggunakan pertanyaan singkat dan mudah di pahami, serta tidak menyela pembicaraan. Selain itu saat kita memilih narasumber harus sesuai dengan bidang keahlian. Jika wawancara yang dilakukan adalah tentang pemanfaatan sumber energi di bidang pertanian, maka narasumber yang dapat ditemui adalah petani.
1.
-
PPKn
Menyebutkan
Hak dan Kewajiban terhadap Sumber Energi
Kita
tentu sudah mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak
sumber energi. Salah satu sumber energi tersebut adalah laut. Indonesia
memiliki wilayah yang sebagaian besar terdiri atas laut. Banyak hal yang dapat
dimanfaatkan dari laut, misalnya membangkitkan listrik, sumber garam, sumber
makanan dan tempat penelitian. Semua warga negara Indonesia berhak menikmati
sumber energi laut.
-
Bahasa Indonesia
Menjelaskan
Tugas Wartawan
Wartawan
merupakan jenis pekerjaan yang bertugas untuk mencari dan Menyusun berita untuk
dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Wartawan disebut juga
juru warta. Wawancara membawa alat perekam dan alat pengeras suara.
Berikut
adalah tahapan wartawan dalam mencari informasi.
§ Sebelum
wawancara :
§ Wartawan
menghubungi narasumber dan membuat agenda
§ Wartawan
membuat daftar pertanyaan
§ Juru
kamera menyiapkan peralatan yang di butuhkan
§ Saat
wawancara
§ Wartawan
memperkenalkan diri dan mengemukakan maksud dan tujuan
§ Wartawan
mengajukan pertanyaan sesuai yang di rancang
§ Wartawan
mencatat semua informasi yang diberikan oleh narasumber
§ Juru
kamera merekam gambar narasumber untuk dokumentasi
§ Setelah
wawancara
§ Wartawan
merangkum informasi yang telah diberikan oleh narasumber
§ Saat
membuat berita wartawan harus menulis berita sesuai informasi
Setelah Kalian Baca Pembelajaran Diatas, Jawab Pertanyaan Dibawah ini menggunakan Voice Not!
1. Jelaskan Manfaat Energi Matahari Dalam Kehidupan Sehari-hari !
2. Apa Hak dan Kewajiban Kalian Terhadap Sumber Energi?Sebutkan!
Jawaban Bu guru tunggu sampai pukul 13.00 yaa!!! Selamat mengerjakan 😊
Terima kasih mama dan bunda yang sabar selalu mendampingi pembelajaran daring.
Semoga anak - kita menjadi anak yang soleh dan soleha Aamiin... 🤲🏻🙏Waalaikumsallam wr. wb
Assalamualaikum bu guru
BalasHapusNama : Reyndita puti azzahra
No absen : 23
Hadir bu guru🙏🙏
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama:Ghani Farras Ariswandi
Kelad:4e
No Absen:07
Hadir buuu
Assalamualaikum Bu guru
BalasHapusNama:M. Azka Sauqi Ramadhan R.
Kelas:4E
No.absen:14
Hadir Bu guru🙋♂️🙋♂️
Terima kasih atas materinya Bu guru
Wasalammualaikum wr wb.
Assalamualaikum
BalasHapusNama : ayu Nabila
Kls : 4e
No absen : 5
Hadir Bu guru trima kasih
Assalamualaikum wr.wb bu guru
BalasHapusNama : M. Fikri All Kasmir
Kelas :4E
No. Absen : 15
Hadir bu guru
Terima kasih atas materinya bu guru
Wassalamualaikum wr.wb
Nama : tahani alfath dan
BalasHapusKelas : 4e
Hadir bu